Cara Menjadi Trainer Handal

Cara Menjadi Trainer Handal Pembicara Hebat Ala John C Maxwell
Cara Menjadi Trainer Handal Pembicara Hebat Ala John C Maxwell

Jurubicara.com, Yogyakarta. Cara menjadi trainer handal adalah kiat menjadi pembicara hebat yang dapat dibuktikan kebenarannya. Dengan menerapkan cara menjadi trainer handal ini, maka anda akan mampu menjadi pembicara hebat, yang memiliki pengaruh yang sangat luas

Siapa sih tidak kenal dengan pembicara hebat bernama John C Maxwell? Saya percaya, setiap pembicara handal akan mengakui adanya pengaruh John C Maxwell yang mewarnai kehidupan mereka. Sejujurnya, banyak kutipan-kutipan, kata-kata bijak, dan prinsip kepempinan yang dipopulerkan oleh John C Maxwell yang muncul melalui ungkapan dan tulisan para pembicara hebat lainnya.

Cara Menjadi Trainer Handal Melibatkan Audiens Ala John C Maxwell
Cara Menjadi Trainer Handal Melibatkan Audiens Ala John C Maxwell

Cara Menjadi Trainer Handal Ala John C Maxwell

John C Maxwell adalah pembicara hebat yang mempengaruhi banyak pemimpin, pembicara, dan trainer di segala lini. Pembicara hebat ini memang sangat produktif menulis buku-buku kepemimpinan, sehingga diakui sebagai pakar kepemimpinan secara internasional.

Lalu, bagaimanakah cara menjadi trainer handal ala John C Maxwell? Pada artikel public speaking ini, saya akan menuliskan sebagian rahasia sukses yang mengantarkan John C Maxwell menjadi motivator terkenal dunia.

Cara Menjadi Trainer Handal Ala John C Maxwell
Cara Menjadi Trainer Handal Ala John C Maxwell

Cara Menjadi Trainer Handal-Membuka Diri

John C Maxwell, penulis buku “The 21 Irrefutable Laws of Leadership“, “The 360 Degree Leader“,¬† sadar bahwa kemampuannya saat berbicara di depan umum jauh lebih baik daripada kemampuannya untuk menulis. Oleh karena itu, agar bisa lebih efektif untuk meraih tujuan untuk membagikan prinsip kepemimpinan, maka dia membutuhkan mitra yang sepadan.

John C Maxwell, penulis buku “The 5 Levels of Leadership: Proven Steps to Maximize” memiliki kerinduan agar prinsip kepemimpinan tidak hanya dinikmati oleh peserta seminar dan pelatihan yang diadakannya secara langsung. Tetapi, akan lebih baik jika prinsip-prinsip kepemimpinan ini juga dapat dipelajari oleh para pembaca dari seluruh dunia.

Momentum inilah yang akhirnya membuat John C Maxwell membuka diri terhadap Charlie Wetzel, sang penulis pribadinya. Dia ingin agar Charlie Wetzel memahami cara berpikir dan cara berbicaranya dengan baik. Harapannya adalah agar sang juru tulis pribadi ini benar-benar dalam gelombang dan frekwensi yang sama dengan dirinya.

Cara Menjadi Trainer Handal Ala John C Maxwell dan Charlie Wetzel
Cara Menjadi Trainer Handal Ala John C Maxwell dan Charlie Wetzel

Cara Menjadi Trainer Handal-Mengikutsertakan Orang lain

John Maxwell tahu bahwa salah satu kiat menjadi pembicara hebat adalah dengan mengikutsertakan Charlie Wetzel di dalam seluruh aktivitas pelatihannya. Untuk itu, John C Maxwell memutuskan agar Charlie menghadiri presentasi efektif yang disajikannya.

Dengan menyaksikan presentasi secara langsung, maka Charlie dapat menyelami ide, gagasan, dan pola pikir John C Maxwell secara utuh. Dengan menghadiri presentasi secara langsung, maka Charlie Wetzel dapat mengetahui kelebihan, kekurangan dan kekuatan yang sesungguhnya.

Cara Menjadi Trainer Handal Menerima Evaluasi Presentasi Ala John C Maxwell
Cara Menjadi Trainer Handal Menerima Evaluasi Presentasi Ala John C Maxwell

Cara Menjadi Trainer Handal-Menerima Evaluasi

Pribadi yang bersahaja ini tidak menganggap dirinya sebagai pembicara hebat yang sempurna. Justru, John C Mawxell memberi ruang evaluasi kepada Charlie Wetzel.

Setiap kali berbicara di depan umum, John meminta Charlie untuk mengevaluasi dirinya secara jujur. Pada tahapan ini, John C Maxwell ingin mengetahui materi presentasi yang bagus, yang ada kaitannya dengan audiens pendengar, dan prinsip-prinsip penting yang perlu digaris bawahi.

Charlie Wetzel diberikan ruang untuk mengevaluasi materi presentasi yang buruk dan perlu diperbaiki.  Bahkan, tidak tanggung-tanggung, John C Maxwell juga memberikan daftar berbagai pertanyaan dan ilustrasi yang harus dievaluasi oleh Charlie pasca presentasi yang disampaikannya di hadapan audiens pendengar.

Cara Menjadi Trainer Handal Pembicara Hebat Ala John C Maxwell
Cara Menjadi Trainer Handal Pembicara Hebat Ala John C Maxwell

Tips Public Speaking- Cara Menjadi Trainer Handal

Cara menjadi trainer handal adalah dengan membuka diri terhadap orang lain. Hal ini berarti bahwa sang pembicara handal mengungkapkan harapan dan impiannya secara jujur kepada orang lain.

Lalu, dengan mengikutsertakan orang lain atau bawahan ke dalam setiap presentasi juga merupakan salah satu cara menjadi trainer handal. Dengan cara ini, kita menjadi lebih paham tentang cara berbicara, cara berpikir, dan cara presentasi secara utuh.

Rahasia yang tidak boleh dilewatkan begitu saja adalah keberanian untuk menerima evaluasi secara dewasa. Sehebat-hebatnya John Maxwell, dia masih bersedia menerima evaluasi bawahannya. Tujuannya adalah penyempurnaan ke arah yang lebih baik. Mau menjadi pembicara handal? Aplikasikan cara menjadi trainer handal ala John C Maxwell ini. (Bertinus Sijabat- jurubicara.com)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*