5 Aspek Presentasi Bisnis Yang Meyakinkan

training presentasi bisnis aspek presentasi bisnis yang meyakinkan
aspek presentasi bisnis yang meyakinkan

Jurubicara.com5 Aspek Presentasi Bisnis yang meyakinkan. Bagaimana cara menyampaikan presentasi bisnis yang meyakinkan? Aspek apa sajakah yang harus diperhatikan dengan sangat baik demi mencapai presentasi bisnis yang sukses?

Presentasi bisnis adalah upaya untuk menyakinkan pihak lain untuk menerima penawaran dari penyaji. Penawaran bisnis dapat dilakukan untuk internal maupun eksternal perusahaan.

Aspek Presentasi Bisnis yang meyakinkan

Aspek presentasi bisnis yang meyakinkan terdiri dari aspek penyaji, bahan, alat, tempat, dan audiens. Dalam artikel public speaking ini, anda akan memahami urgensi mendasar dari aspek bisnis yang meyakinkan.

Tentu, pemahaman mendasar akan 5 Aspek presentasi bisnis yang meyakinkan mutlak dimiliki oleh presenter bisnis yang baik. Perbedaan antara pemahaman dan ketidaktahuan akan aspek presentasi bisnis bisa jadi merupakan perbedaan antara presentasi bisnis yang sukses dan gagal!

training public speaking Aspek presentasi bisnis yang meyakinkan
Aspek presentasi bisnis yang meyakinkan

Aspek Presentasi Bisnis yang menyakinkan-penyaji

Presenter, pembicara, nara sumber, atau pemateri memiliki peranan yang sangat signifikan dalam penyampaian materi. Situasi, kondisi,dan suasana penyajian presentasi benar-benar sangat menentukan jalannya presentasi bisnis.

Rekomendasi artikel public speaking bagi anda:

Public speaker yang kaku, tidak percaya diri dan hanya terpaku pada satu titik tertentu akan membuat suasana menjadi tampak sangat dingin. Kondisi yang tercipta menjadi berjarak, terpisah, dan sangat formal.

Public speaker yang enerjik, percaya diri dan antusias akan mampu menciptakan suasana yang lebih bersahabat. Kondisi yang tercipta akan menjadi sangat dinamis, terbuka, dan bersahabat satu sama lain.

Aspek Presentasi Bisnis yang meyakinkan Materi Presentasi

Persiapkan materi presentasi yang elegan. Rancang desain slide yang dinamis. Padukan antara gambar dan kata-kata dengan bijak.

Jangan penuhi slide anda dengan kelimpahan kata-kata bagaikan sebuah tulisan buku. Ringkas materi presentasi anda dengan memadupadankan gambar dan kata-kata yang ringkas.

Ciptakan slide presentasi yang menarik dengan ukuran huruf yang tepat. Paduan antara slide video, foto, dan rangkaian kata akan membuat desain presentasi anda tampak unik!

Aspek Presentasi Bisnis yang meyakinkan Alat Yang Dipergunakan

Optimalkan penggunaan audio visual dengan baik. Tampilkan slide melalui LCD atau proyektor.

Pastikan sound system berfungsi dengan baik. Hal ini untuk memastikan suara anda terdengar dengan sangat jelas.

Persiapkan white board, spidol dan penghapus untuk mengilustrasikan penjelasan anda dengan lebih kuat. Persiapkan semua alat yang dibutuhkan dengan baik.

training presentasi bisnis aspek presentasi bisnis yang meyakinkan
aspek presentasi bisnis yang meyakinkan

Aspek Presentasi Bisnis yang meyakinkan – Tempat

Bagaimana dengan desain atau setting ruangan? Tata letak ruangan sebaiknya disusun dengan cara yang elegan, sehingga memudahkan penyampaian materi.

Pastikan bahwa anda tahu tentang lokasi acara dengan jelas. Ruangan indoor akan lebih mudah dan lebih memberikan kenyamanan.

Lokasi outdoor akan menuntut penyajian tersendiri. Fokus dari audiens akan cenderung terbagi sehingga dibutuhkan ekstra performa untuk menyajikan presentasi bisnis.

Aspek Presentasi Bisnis yang meyakinkan-Audiens

Siapa audiens yang akan hadir di dalam acara presentasi bisnis? Siapakah tokoh kunci atau orang paling berpengaruh diantara audiens.

Apakah audiens memiliki pengetahuan, pengalaman dan kompetensi terkait dengan materi presentasi yang anda sajikan?

Sesuaikan materi presentasi bisnis dengan kebutuhan dan keinginan audiens. Gunakan bahasa,kata-kata, dan ungkapan yang mudah dipahami dengan baik.

Pastikan bahwa anda memahami tujuan dari audiens hadir di dalam acara. Pastikan juga bahwa anda memahami tujuan penyelenggaraan acara.

Kesimpulan Aspek Presentasi Bisnis Yang Meyakinkan

Public speaker yang handal harus menguasai 5 aspek presentasi bisnis yang meyakinkan dengan sangat baik.

Namun, ada perbedaan antara hanya sekedar mengetahu dan menerapkan aspek presentasi bisnis yang meyakinkan.

Jadilah, public speaker yang handal dengan performa presentasi optimal. Sehingga, prestasi, kinerja, dan pencapaian anda akan menjadi signifikan! (Bertinus Sijabat — Juru Bicara Indonesia)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*