Model Public Speaker

training public speaking model public speaker talk with
model public speaker talk with

Jurubicara.comModel Public Speaker. Bagaimana cara para public speaker saat tampil perform? Model public speaker yang ideal yang patut dijadikan teladan yang bagaimana sih?

Di dalam artikel public speaking ini, anda akan mendapatkan pengertian tentang 3 model public speaker saat tampil perform. Anda akan menemukan bahwa salah satu pola performa public speaking ini pasti ditemukan di dalam setiap penyajian presentasi.

Pengertian Model Public Speaker

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, model adalah (1) pola (contoh, acuan, ragam, dan sebagainya) dari sesuatu yang akan dibuat atau dihasilkan; (2) orang yang dipakai sebagai contoh untuk dilukis (difoto); (3)  orang yang (pekerjaannya) memperagakan.

Menurut Meriam-Webster, public speaker adalah seseorang yang memberikan pidato atau ceramah kepada sekelompok besar orang.

Menurut Cambridge Dictionary, public speaker adalah seseorang yang berbicara tentang suatu topik kepada audiens. Public speaker adalah pembicara publik yang berbakat yang dapat membangunkan orang banyak dengan keterampilan retorikanya.

Model public speaker adalah acuan, pola maupun contoh performa public speaker saat memberikan ceramah di depan umum. Tentu, tidak semua pola public speaker ini ideal, sehingga kemampuan kita dalam mengaplikasikan performa public speaker terbaik akan berdampak signifikan pada kesuksesan presentasi.

Model Public Speaker Tipikal

Model public speaker dapat dibagi menjadi 3 yaitu: model talk about, model talk to dan model talk with.

Tentu, dengan memahami 3 model public speaker ini, maka anda akan semakin mengerti tipikal pembicara public yang ideal untuk dijadikan panutan.

training public speaking pola public speaker talk about
pola public speaker talk about

Model Public Speaker Talk About

Pembicara yang asik berbicara sendiri tanpa peduli dengan respon pendengar. Public speaker yang tidak melibatkan audiens di dalam proses penyajian presentasi.

Model Public speaker talk about asik berbicara sendiri. Lebih mementingkan penyampaian materi daripada pemahaman audiens akan materi.

Bagaimana cara agar materi presentasi disampaikan hingga tuntas adalah tujuan pembicara talk about. Pada konteks ini, pembicara mengembangkan pola ego sentris yang sangat kuat.

Audiens dianggap tidak memiliki cukup pengetahuan maupun kompetensi. Dalam perspektif pembicara talk about, terdapat kesenjangan ilmu dengan audiens sehingga keterlibatan audiens sangat minimal.

training public speaking pola public speaker talk to
pola public speaker talk to

Model Public Speaker talk To

Public speaker tampil perform dengan monolog. Hanya menyajikan cara berbicara satu arah saja.

Pola hubungan yang dikembangkan bagaikan cara berbicara seorang bos kepada karyawan. Pola orangtua yang sedang memarahi anaknya tanpa mau mendengarkan jawaban apapun.

Pola pembicaraan model talk to bagaikan pola atasan dan bawahan. Pembicara menggunakan otoritas yang dimiliki secara sangat kaku.

Artikel public speaking yang layak untuk dibaca: Tips Sukses Public Speaking

Model bicara ‘Talk To’ adalah model bicara atasan-bawahan, orangtua-anak,  guru-murid. Ada rentang kekuasaan, pengaruh dan wewenang yang kuat, sehingga terjadi jenis pembicaraan yang tidak seimbang.

Pembicaraan model ‘Talk To’ adalah pembicaraan satu arah. Pembicara ‘Talk To’ tidak mau disela, tidak ingin dibantah, tidak suka mendengar jawaban orang lain. Model bicara ‘Talk To’ adalah model bicara briefing, komando, dan perintah!

training public speaking model public speaker talk with
model public speaker talk with

Model Public Speaker Talk With

Pembicara yang melibatkan audiens dalam proses penyajian presentasi. Pembicara yang terbuka akan feedback,masukan, maupun pendapat audiens.

Hubungan yang dibangun dengan audiens benar-benar hubungan dua arah. Pembicara talk with memperlakukan audiens sebagai seorang sahabat sehingga mampu berbicara dengan cara yang menyenangkan.

Baca juga artikel public speaking: 5 Keterampilan Public Speaking

Tujuan public speaker talk with adalah bagaimana supaya audiens mendapatkan manfaat yang optimal. Jadi, fokus utama bukan diri sendiri, namun audiens sentris.

Pada proses ini hampir tidak ada jarak satu sama lain. Perbedaan pendapat dimungkinkan. Relasi hubungan yang dibangun adalah untuk kebaikan bersama. Suasana benar-benar hangat, bersahabat,dan penuh dengan keakraban.

Kesimpulan Model Public Speaker

Menurut anda, model public speaker yang manakah yang paling ideal untuk dijadikan panutan? Pola public speaker mana yang pernah anda alami selama karir profesional anda?

Pola public speaker yang manakah yang biasa anda kembangkan sebagai gaya berbicara anda di depan umum? Pernahkah anda mengembangkan pola public speaking yang kurang tepat?

Model public speaker talk with tentu merupakan hal yang ideal untuk dijadikan acuan yang baik. Pola public speaker talk about dan talk to mungkin perlu pendewasaan diri sehingga mampu berubah menjadi pola public speaker talk with.  (Bertinus Sijabat —Juru Bicara Indonesia)

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*