5 Keterampilan Public Speaking

training public speaking skill keterampilan public speaking
keterampilan public speaking

Jurubicara.com5 Keterampilan Public Speaking. Keterampilan public speaking adalah kemampuan untuk berkomunikasi dengan melibatkan audiens. Sang pembicara mampu menyajikan pesan yang mudah dipahami oleh audiens.

Keterampilan public speaking di awali oleh kesadaran bahwa public speaking itu penting bagi setiap pribadi dinamis. Kesadaran ini menuntut komitmen, konsistensi dan konsekuensi yang jelas.

Agar dapat menjadi public speaker andal, maka anda dapat meningkatkan keterampilan public speaking secara otodidak, trial and error, maupun melalui pelatihan.

Tentu, mengembangkan kebiasaan latihan adalah mutlak di dalam peningkatan keterampilan public speaking. Modelling adalah salah satu cara jitu untuk meningkatkan keterampilan public speaking dengan belajar meniru, memodifikasi, dan mengoptimalkan public speaker yang dikagumi.

Kemauan dan keinginan untuk terus-menarus belajar dari orang lain, dari pengalaman, dan dari banyak pelatihan akan menjadi kebiasaan penting dalam meningkatkan performa public speaking.

Keterampilan Public Speaking Yang Dibutuhkan

Keterampilan apa sajakah yang kita butuhkan agar bisa menjadi public speaker yang baik? Berikut adalah public speaking skill  yang mendukung anda menjadi public speaker andal.

1. Artikulasi yang jelas.

Kemampuan berbicara dengan baik dan jelas. Mampu menampilkan pelafalan, intonasi,dan  tata bahasa yang  tersusun sistematis.

Public speaking skill adalah keterampilan untuk menyajikan materi presentasi yang didesain agar memudahkan audiens untuk memahami pesan.

Hindarkan pengulangan kata verbal yang mengganggu, seperti hmmm….eee….seperti yang saya bilang. Gumaman yang tidak penting justru mengganggu audiens dalam menikmati performa public speaker.

2. Gaya Presentasi yang menarik.

Public speaker andal mampu menyampaikan presenasi dengan mengoptimalkan nada vokal, bahasa tubuh, ekspresi wajah, dan waktu.

Public speaker andal harus mampu menyajikan presentasi secara menarik sehingga audiens tetap terjaga dan fokus. Kegagalan dalam menyampaikan materi akan mengakibatkan kebosanan bagi audiens.

Gaya yang tepat bisa membuat pembicaraan yang tadinya membosankan menjadi seru dan menarik.

training public speaking skill keterampilan public speaking
keterampilan public speaking

3. Mengenali Kebutuhan Audiens.

Audiens memiliki tingkat pemahaman,pengetahuan, dan pengalaman yang berbeda satu sama lain.

Dengan menyadari akan hal ini, maka public speaker andal akan mengupayakan berbagai macam strategi untuk menarik perhatian audiens

Kembangkan keterampilan public speaking yang mumpuni dengan menyajikan presentasi dengan mengadopsi gaya presentasi yang sesuai dengan kebutuhan audiens anda.

4. Kemampuan Komposisi.

Susun materi presentasi dengan struktur yang baik. Buka dengan pembukaan yang menarik, yang mampu melibatkan audiens.

Dengan memasukkan unsur cerita, baik cerita pribadi, cerita orang lain, atau cerita rekayasa, maka presentasi anda akan menjadi jauh lebih menarik.

Komposisi presentasi yang baik mencakup penyajian materi yang rasional,koheren, dan mudah dimengerti oleh audiens.

5. Sajikan dengan percaya diri.

Materi presentasi akan menjadi lebih menarik jika disajikan dengan antusias, enerjik, dan powerful. Audiens akan lebih tertarik dengan gairah yang ditampilkan pada saat tampil perform.

Sebaik apapun pesan anda, bila disajikan dengan sangat formal, tanpa melibatkan audiens, dan kaku, maka akan membuat audiens menjadi kurang tertarik.

Kesimpulan  Keterampilan Public Speaking

Keterampilan public speaking dapat digunakan di dalam setiap aspek kehidupan.

Penyampaian gagasan, penawaran produk atau jasa, dan penyajian performa menjadi bentuk nyata dari optimalisasi penggunaan public speaking skill.

Kemauan, keinginan, dan keputusan untuk meningkatkan public speaking skill dapat memberikan perbedaan di dalam kehidupan anda. (Bertinus Sijabat — Juru Bicara Indonesia)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*