Rahasia Sukses Public Speaking

training public speaking rahasia sukses public speaking
rahasia sukses public speaking

Jurubicara.comRahasia sukses public speaking. Mengapa sebagian public speaker mampu berbicara dengan percaya diri, sementara sebagian lainnya tampak mengalami kesulitan?

Rahasia sukses public speaking adalah cara-cara menyampaikan materi presentasi yang meyakinkan audiens. Rahasia sukses public speaking adalah tips public speaking yang terbukti efektif untuk membujuk audiens.

Tentu, masih banyak tips sukses public speaking. Namun dalam artikel ini, akan dibatasi pada 5 tips public speaking yang baik.

Rahasia sukses public speaking adalah dialogis, partisipatif, kontak mata, teknik jeda dan pengulangan.

1. Rahasia Sukses Public Speaking Dialogis.

Public speaker andal mengembangkan dialog atau interaksi dengan audiens pendengar. Dialog adalah percakapan dua arah yang terbuka satu sama lain. Interaksi adalah hubungan yang saling memberi dan menerima.

Sebagian public speaker hanya tampil secara monolog. Berbicara satu arah. Tidak asik banget bukan? Namun faktanya, sebagian public speaker tampil performa dengan gaya berbicara kepada audiens.

Public speaker andal mengoptimalkan interaksi dengan audiens. Bukan berbicara pada audiens, tetapi berbicara dengan audiens layaknya perbincangan antar sesame teman.

2. Rahasia sukses public speaking Partisipatif.

Public speaker andal melibatkan audiens di dalam setiap penampilan. Caranya? Dengan mengajukan pertanyaan, dengan meminta reaksi, dan meminta tanggapan audiens secara terbuka.

Tolong angkat tangan bagi anda yang merasa kemampuan public speakingnya bernilai A plus? Lihat respon dari audiens. Bila tidak ada yang angkat tangan, lanjutkan dengan pernyataan berikutnya.

Tolong tepuk tangan bagi anda yang mau meningkatkan kemampuan public speaking. Biasanya respon audiens sangat jelas yaitu bertepuk tangan.

training public speaking rahasia sukses public speaking
rahasia sukses public speaking

3. Rahasia Public Speaking Eye contact.

Kemampuan public speaking yang mumpuni di dukung dengan optimalisasi kontak mata dengan audiens. Mengapa kontak mata sangat penting? Karena setiap orang akan belajar lebih banyak dengan cara melihat.

Kontak mata menunjukkan anda memperhatikan audiens. Kontak mata menunjukkan ketulusan. Kontak mata menunjukkan persahabatan.

Cara menggunakan kontak mata yang baik adalah dengan menyampaikan tatapan mata yang lembut. Durasi kontak mata tidak boleh terlalu lama. Antara 5 hingga 10 detik sudah cukup. Bila lebih dari itu akan dianggap kurang etis.

4. Rahasia Public Speaking Teknik Jeda.

Apakah anda pernah menggunakan teknik jeda di dalam presentasi anda? Teknik jeda adalah kemampuan untuk berhenti sejenak dan diam sebentar lalu melanjutkan pesan anda.

Pada saat anda menggunakan teknik jeda, audiens mendapatkan kesempatan untuk mencerna pesan anda. Pada saat yang sama anda sedang menunjukkan bahwa pesan anda sangat penting sehingga perlu dipahami oleh audiens.

Jesse Owens adalah salah seorang public speaker yang mampu menggunakan teknik jeda dengan sangat baik. Kini giliran anda untuk mencoba melakukannya.

5. Rahasia Sukses Public Speaking adalah pengulangan.

Pengulangan pesan yang berharga adalah ibu ilmu pengetahuan. Pengulangan pesan ini perlu dilakukan agar audiens mampu mengingat pesan yang penting. Pengulangan pesan juga dapat menjadi titik perpindahan untuk masuk ke poin penting berikutnya.

Public speaker andal menggunakan pengulangan pesan secara sadar. Tujuannya adalah agar audiens mendapatkan manfaat akan pesan yang sedang dipelajari. Pengulangan pesan juga dapat dilakukan pada bagian akhir dari presentasi. Sebelum menutup presentasi pastikan anda menyampaikan intisari materi yang anda sampaikan.

Kesimpulan Rahasia Sukses Public Speaking

Kemampuan public speaking yang baik dapat dilatih, dikembangkan dan dipelajari. Setiap orang dapat menjadi public speaker andal dengan menerapkan strategi keterampilan public speaking.

Rahasia sukses public speaking dapat diraih dengan mengembangkan kemampuan dialogis, partisipatif, kontak mata, teknik jeda dan pengulangan pada saat menyampaikan presentasi.

Tips speaking sebaik apapun tidak akan efektif jika hanya diketahui. Keberanian untuk mengimplementasikan pengetahuan adalah pintu gerbang untuk kemampuan public speaking yang mumpuni. Bagaimana menurut anda?

Anda bisa meningkatkan kemampuan public speaking dengan mengikuti Training Public Speaking yang disediakan oleh Juru Bicara Indonesia. Mau menjadi public speaker andal? Ayo!  (Bertinus Sijabat — Juru Bicara Indonesia

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*