Prinsip Dasar Persuasi

training-public-speaking-prinsip-dasar-persuasi
prinsip-dasar-persuasi

Jurubicara.com —- Prinsip dasar persuasi. Apakah anda sudah memiliki keterampilan persuasi yang baik? Apakah anda mau meningkatkan kecerdasan persuasi anda?

Prinsip dasar persuasi adalah panduan atau pegangan yang harus menjadi acuan bagi anda saat menyajikan performa presentasi persuasi. Prinsip dasar persuasi adalah tuntuan yang menjadi tatanan bagi anda saat mendemonstrasikan performa presentasi yang efektif.

Prinsip Dasar Persuasi

Kurt W Mortensen  di dalam buku Maximum Influence menyatakan ada 4 prinsip dasar persuasi yaitu persuasi adalah netral, persuasi harus memiliki pendengar, persuasi membutuhkan adaptasi, dan persuasi berpengaruh jangka panjang.

training-public-sepaking-prinsip-dasar-persuasi-juru-bicara
prinsip-dasar-persuasi-juru-bicara

Prinsip Dasar Persuasi adalah netral

Persuasi dapat dipergunakan menjadi alat untuk menghancurkan, menjatuhkan, dan membinasakan pihak lain. Sebaliknya persuasi dapat dioptimalkan untuk mendorong, memotivasi dan menginspirasi perubahan ke arah yang lebih baik.

Bunda Teresa menggunakan performa persuasi untuk meyakinkan dunia untuk bergandengan tangan membantu orang-orang miskin, telantar, sakit, dan yatim piatu di India. Dan, hal ini efektif.

Adolf Hitler menggunakan persuasi untuk meyakinkan ras aria harus menyingkirkan kaum Yahudi. Dan, dia membinasakan jutaan orang Yahuhi.

Persuasi dapat dioptimalkan untuk kebaikan, keunggulan, dan kehidupan yang lebih baik. Sebaliknya, persuasi juga dapat dipergunakan demi keburukan, kejahatan, dan kejelakan yang menyesakkan.

Prinsip Dasar Persuasi harus memiliki pendengar

Persuasi membutuhkan audiens pendengar untuk diyakinkan. Persuasi membutuhkan audiens pendengar untuk dibujuk. Persuasi membutuhkan audiens pendengar untuk berubah dengan sukarela.

Dengan kemampuan presentasi persuasi yang meyakinkan, Mahatma Gandi berhasil mengatasi diskriminasi tanpa kekerasan. Dengan kemampuan presentasi persuasi yang meyakinkan, Nelson Mandela berhasil mengatasi diskriminasi ras tanpa kekerasan.

Audiens pendengar yang terbujuk, teryakinkan, dan percaya akan mengambil keputusan untuk bertindak secara sukarela. Audiens pendengar yang setuju akan berubah pandangan dan tindakan sesuai dengan arahan. Audiens pendengar yang mengubah sikap, pandangan, dan pilihannya akan menjadi kekuatan dahsyat.

training-public-speaking-prinsip-dasar-persuasi-presentasi
prinsip-dasar-persuasi-presentasi

Prinsip Dasar Persuasi membutuhkan adaptasi

Adaptasi adalah kemampuan untuk menyesuaikan diri dengan perubahan. Adaptasi akan memudahkan untuk bertahan, bertumbuh dan berkembang menjadi lebih baik.

Persuasi membutuhkan adaptasi dari pembicara persuasi untuk menyesuaikan diri dengan keinginan dan kebutuhan audiens pendengar. Persuasi membutuhkan adaptasi dari pembicara persuasi untuk mengkondisikan diri sesuai dengan khalayak luas.

Pembicara persuasi harus memahami, mengenal, dan mengetahui apa yang menjadi masalah audiens, sikap audiens dan cara pandang audiens. Pembicara persuasi harus mengidentifikas kecendrungan, kebiasaan, dan keterampilan audiens.

Prinsip Dasar Persuasi  berpengaruh lama

Pribadi yang bijaksana harus selalu mempertimbangkan dampak jangka panjang dari keputusan, perkataan, dan perbuatannya. Pemikiran strategis ini muncul karena kita hidup bukan hanya hari ini saja, tetapi untuk masa yang jauh lebih lama.

Jika hanya berpikir tentang kepentingan jangka pendek, masa hidup akan cenderung mengalami banyak persoalan. Pernahkah anda membaca berbagai berita tentang pembunuhan yang terjadi hanya karena masalah sepele? Pernahkah anda menyesali perkataan dan perbuatan yang ternyata mengakibatkan penderitaan baik bagi anda dan orang lain?

Persuasi memiliki pengaruh yang lama dan jangka panjang. Dengan prinsip ini, maka kita akan benar-benar mengambil keputusan yang bijak, bertanggungjawab,dan benar. Mengapa? Karena kita harus  memikirkan dampak jangka panjang dari perkataan, perbuatan, dan tanggungjawab kita.

Belum tentu, hasil dari persuasi anda akan menciptakan hasil positif di dalam waktu singkat. Walaupun, harapan dan tujuannya adalah demikian. Namun, pengaruh keterampilan persuasi dapat anda rasakan dalam waktu lama dan jangka panjang.

Apakah di masa depan anda ingin mendengar hujatan, kutukan, dan makian kepada anda? Apakah anda di masa depan rindu mendengar ucapan terima kasih, apresiasi, dan penghargaan yang tulus?

training-public-speaking-prinsip-dasar-persuasi
prinsip-dasar-persuasi

Kesimpulan Prinsip Dasar Persuasi

Prinsip dasar persuasi adalah panduan atau pegangan yang harus menjadi acuan bagi anda saat menyajikan performa presentasi persuasi. Prinsip dasar persuasi adalah tuntuan yang menjadi tatanan bagi anda saat mendemonstrasikan performa presentasi yang efektif.

Prinsip dasar persuasi yaitu persuasi adalah netral, persuasi harus memiliki pendengar, persuasi membutuhkan adaptasi, dan persuasi berpengaruh jangka panjang.

Juru Bicara Indonesia menyediakan Training Presentasi Persuasif bagi anda yang mau meningkatkan keterampilan presentasi persuasi. Juru Bicara Indonesia juga memberikan Training Presentasi Persuasif bagi anda yang berkeputusan mengoptimalkan keterampilan presentasi. (Bertinus Sijabat— Juru Bicara Indonesia)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*