Presentasi Efektif Dengan Cerita

presentasi efektif dengan sebuah cerita
presentasi efektif dengan sebuah cerita

Jurubicara.com-Presentasi efektif dengan cerita adalah cara menyampaikan materi presentasi yang mengoptimalkan penggunaan cerita inspirasi, kisah motivasi, dan  kisah nyata. Tujuannya adalah agar audiens pendengar dapat memahami materi presentasi dengan jelas.

Coach Robert Mckee di dalam artikel  “Storytelling that Move People- a conversation with Screewriting” mengungkapkan bahwa cerita jauh lebih efektif dibandingkan dengan presentasi PowerPoint dan statistik. Pendapat Robert McKee ini dituangkan di artikel Harvard Business Review, setelah konsultasi dengan selusin pemimpin perusahaan sukses yang piawai menuturkan cerita!

presentasi efektif dengan cerita ala Emily Chan
presentasi efektif dengan cerita ala Emily Chan

Presentasi efektif dengan cerita

Jangan terlalu mengandalkan slide Power Point. Jangan terlalu larut dengan data statitik. Persiapkan juga kisah motivasi, cerita inspirasi atau kisah nyata dengan baik. Saat disampaikan dengan baik, maka cerita yang anda persembahkan akan memberi dampak!

Emily Chan, penulis buku “ Harvard Business School Confidential Secrets of Succes” mengakui efektifitas cerita saat presentasi. Menurutnya, materi presentasi efektif harus disertai dengan  penceritaan emosional yang dikelola dengan baik, dirancang dengan tujuan khusus, dan disampaikan dengan dramatis.

pembicara yang baik presentasi efektif dengan cerita
pembicara yang baik presentasi efektif dengan cerita

Presentasi efektif dengan cerita-Awal yang memikat audiens

Penceritaan emosional harus diupayakan sehingga mampu memikat audiens pendengar. Pembicara yang baik dapat merancang pembukaan presentasi dengan cerita yang dramatis, anekdot yang menarik perhatian, dan kutipan kalimat yang sedang tren.

  • “Perusahaan terakhir saya hampir bangkrut!”
  • “Kalo penjualan bulan ini tidak naik, PHK massal akan terjadi!”
  • “Siapa diantara anda yang pernah di permalukan di depan umum?”
  • “Kerja demi negara, Pulang demi Cinta!”
  • “ Siapa yang merasa dirinya paling kaya, silahkan tampil ke depan!”
  • “Ora Melu Ragat, Ora melu Nyacat!”

Pembukaan presentasi yang menggugah akan mampu membuat audiens pendengar tergugah, tertarik, dan terfokus kepada anda. Jadi, acara pertemuan akan lebih hidup bila disertai dengan pembukaan presentasi yang memikat audiens pendengar.

presentasi efektif dengan cerita tips public speaking di depan umum
presentasi efektif dengan cerita tips public speaking di depan umum

Presentasi efektif dengan cerita- Pertengahan yang menggairahkan

Rancanglah alur cerita anda dengan berbagai kesulitan, kejutan, dan gejolak emosi yang mengiringinya. Ungkapkan keadaan hampir gagal, sudah tidak punya harapan, dan jalan keluarnya pun hanya ada satu kemungkinan. Lalu, saat detik terakhir dan diwaktu yang tidak terduga, eh tiba-tiba ada pertolongan!

Siklus gagal, sulit, dan situasi tanpa harapan. Saat tekanan datang bertubi-tubi, saat tiada teman dan sulit mengetahui teman yang sejati. Saat audiens pendengar menahan napas, menanti alur cerita berikutnya, lalu, “Bumm!” Ternyata masih ada solusi. Ternyata kemenangan itu hadir. Akhirnya, Pertolongan itu muncul!

presentasi efektif dengan cerita
presentasi efektif dengan cerita

Presentasi efektif dengan cerita-Penutup Dengan Kesimpulan Kuat

Cerita yang disampaikan dengan menarik akan mudah diingat oleh audiens. Pada saat seperti inilah, seorang pembicara yang baik akan menyampaikan kesimpulan dengan kuat.

Tujuan cerita yang jelas, prinsip moral yang mudah dipahami, dan akhir bahagia yang indah akan mendapat tempat di dalam benak audiens. Sesaat setelah klimaks cerita, segera ungkapkan mengenai moral cerita, intisari cerita dan kesimpulan cerita yang harus diketengahkan.

Cerita yang baik dibangun diatas landasan emosional dan rasional. Cerita emosional tanpa fakta, tentu, tidak kredibel. Sementara, kisah rasional tanpa emosi, akan terasa kering dan datar. Cerita emosional yang dibumbui fakta rasional akan mampu membangun kedekatan, keterlibatan, dan keterhubungan dengan audiens.

presentasi efektif dengan cerita tips public speaking berbicara di depan umum
presentasi efektif dengan cerita tips public speaking berbicara di depan umum

Tips Public Speaking- Presentasi efektif dengan cerita

Pembicara yang baik akan hadir di depan audiens dengan membawa cerita. Dengan modal cerita, maka materi presentasi akan lebih mudah dipahami oleh audiens. Bahkan, seringkali terjadi, audiens hanya mengingat cerita yang emosional pasca acara.

Presentasi efektif dengan cerita dibangun diatas kemampuan membukan presentasi dengan memikat audiens. Ajukan pertanyaan, berikan pernyataan, dan sampaikan sebuah cerita yang emosional.

Lalu, jaga alur bangunan cerita dengan berbagai kesulitan, tekanan, dan permasalahan yang hadir silih berganti. Dalam situasi tanpa harapan, tanpa solusi, dan tanpa jalan keluar, tiba-tiba jawaban hadir!

Pada saat klimaks cerita, berikan pernyataan penutup yang meliputi nilai-nilai dan moral cerita yang harus diingat oleh auidens. Pastikan bahwa penutup disampaikan dengan kesimpulan yang kuat. Presentasi efektif dengan cerita? Siap! (Bertinus Sijabat-jurubicara.com)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*