Pembicara Pembangun Jaringan Yang Baik

pembicara pembangun jaringan yang baik tampil percaya diri di depan umum
pembicara pembangun jaringan yang baik tampil percaya diri di depan umum

Jurubicara.com- Pembicara pembangun jaringan yang baik adalah wujud kesadaran akan pentingnya sinergi dengan orang lain. Pembicara pembangun jaringan yang baik menyadari kekurangannya secara individu. Dan, disisi yang lain mengakui kekuatan kerjasama dengan pihak lain.

Pembicara yang baik mengetahui keterbatasan pencapaian bila dilakukan dengan kekuatan sendiri. Pada saat yang bersamaan, mengakui dahsyatnya pencapaian yang dapat diraih di dalam kolaborasi.

cara berbicara di depan umum dengan baik dan lancar
cara berbicara di depan umum dengan baik dan lancar

Pembicara Pembangun Jaringan Yang Baik

Emily Chan, konsultan dan ahli strategi lulusan terbaik Harvard Business School menyadari kebutuhannya akan jaringan. Menurutnya,” Saya, saya, dan saya itu sangat membosankan!” Sementara, “Kita, kita, kita itu sangat powerfull!”

Kesadaran akan perlunya kerjasama dengan orang lain, membuat Emily memutuskan untuk membangun jaringan dengan lebih banyak melibatkan orang lain. Strategi ini terbukti efektif, karena berdampak besar pada kesuksesannya sehingga mampu memperluas pengaruh hingga ke berbagai belahan bumi.

pembicara pembangun jaringan yang baik Ala Emily Chan
pembicara pembangun jaringan yang baik Ala Emily Chan

Pembicara Pembangun Jaringan Yang Baik-Kembangkan Minat Kepada Orang Lain

Agar orang lain tertarik kepada anda, maka tertariklah terlebih dahulu kepada orang lain. Prinsip ini dikembangkan oleh Emily, sesuai dengan nasehat Dale Carnegie di dalam buku laris“ How To Win Friends and  Influencing People”.

Kembangkan kebiasaan untuk memperhatikan, mendukung, dan membantu orang lain terlebih dahulu. Kembangkan karakter untuk mengoptimalkan sesama dengan ketertarikan anda. Kembangkan keterampilan untuk melakukan yang terbaik terlebih dahulu sebelum menuntut orang lain melakukan yang terbaik untuk kita.

pembicara pembangun jaringan yang baik tampil percaya diri di depan umum
pembicara pembangun jaringan yang baik tampil percaya diri di depan umum

Pembicara Pembangun Jaringan Yang Baik-Kembangkan Rasa Humor

Pembicara yang baik harus belajar untuk tersenyum, tertawa, dan terbahak-bahak bersama orang lain. Dengan mengembangkan humor maka akan terjalin kedekatan emosional dengan orang lain. Bukankah jarak terdekat antara kita dan orang lain adalah senyuman?

Humor dapat dimaknai sebagai kemampuan untuk menertawakan diri sendiri, sesama dan situasi tanpa menyinggung perasaan. Dengan menertawakan diri sendiri pada saat yang sama, anda sedang membuka diri kepada orang lain.

Para pembicara pembangun jaringan yang baik adalah pengembang rasa humor yang positif. Daripada menangisi keadaan, daripada mengeluh, dan daripada menyalahkan pihak lain, maka lebih baik menertawakan diri sendiri!

Pastikan bahwa humor yang anda sampaikan membuat semua pihak tidak merasa tersakiti. Bilapun ada yang perlu dikambinghitamkan, maka itu adalah anda sendiri! Dengan cara ini, maka semua pihak akan nyaman, terhibur, dan terinspirasi untuk melakukan hal yang sama.

pembicara pembangun jaringan yang baik tips public speaking.jpg
pembicara pembangun jaringan yang baik tips public speaking.jpg

Pembicara Pembangun Jaringan Yang Baik-Kembangkan Kemampuan Untuk Bertahan

Tidak ada situasi yang ideal 100%. Sebaik, sehebat, dan sekaya apapun anda, akan selalu ada yang tidak setuju dengan anda. Dan, pada titik inilah perbedaan antara pembangun jaringan yang baik dan yang buruk. Pembicara pembangun jaringan yang baik harus memiliki sikap yang positif, yaitu mampu bertahan saat keadaan tidak terasa nyaman.

Setiap kali melepaskan kesempatan untuk bertemu dengan seseorang, pada saat yang sama anda sedang melepaskan kesempatan berharga. Jadi, daripada terus menghindar, meninggalkan, dan memperkeruh suasana, akan lebih baik jika anda mampu bertahan.

Percakapan yang menyenangkan, membangun, dan menguatkan dapat menjadi pelipatgandaan di dalam karir. Tindaklanjuti segera, setiap kali anda merasakan adanya perjumpaan pribadi yang positif. Ingat, teman dapat menjadi solusi  untuk mengatasi berbagai masalah.

cara berbicara di depan umum dengan percaya diri dan menarik
cara berbicara di depan umum dengan percaya diri dan menarik

Tips Public Speaking-Pembicara Pembangun Jaringan Yang Baik

Pembicara pembangun jaringan yang baik mampu membangun sinergi, kebersamaan dan kerjasama dengan pihak lain. Kemampuan untuk meneguhkan, menguatkan, dan mempersatukan adalah tipikal khusus yang dimiliki pembangun jaringan yang baik.

Jadi. Sudahkah anda belajar mengembangkan kebiasaan untuk tertarik terlebih dahulu kepada orang lain. Apakah anda sudah mengembangkan humor saat berbicara di depan audiens? Dan, apakah anda memiliki kemampuan untuk bertahan di dalam kerjasama sehingga tercipta win-win solutions? (Bertinus Sijabat-jurubicara.com).

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*