Cara Berbicara Lancar Dengan Orang Lain

cara berbicara di depan umum dengan baik dan lancar serta meyakinkan
cara berbicara di depan umum dengan baik dan lancar serta meyakinkan

Jurubicara.com—Cara berbicara lancar dengan orang lain adalah upaya untuk menampilkan pendapat, gagasan, dan keterampilan secara utuh. Berbicara lancar dengan orang lain dapat dipahami dari dua pengertian. Pertama, berbicara lancar dengan orang lain tetapi bukan di hadapan orang banyak. Kedua, berbicara lancar dengan orang lain di hadapan banyak orang.

Berbicara lancar dengan orang lain di hadapan umum memang membutuhkan seni dan kemampuan tersendiri. Agar lancar berbicara di depan umum, dibutuhkan latihan, penambahan jam terbang, dan belajar melalui berbagai pengalaman. Bahkan, kehdairan seorang mentor, mitra terpercaya, dan pendukung terbaik sehingga kemampuan ini akan semakin terasah.

Cara Berbicara lancar dengan orang lain, percaya diri dan mantap
Cara Berbicara lancar dengan orang lain, percaya diri dan mantap

Cara Berbicara lancar dengan orang lain

Apakah anda mengalami ketakutan saat akan menyampaikan pemikiran anda? Apakah gagasan dan pendapat anda mudah dipahami oleh orang lain? Sudahkah anda menguasai keterampilan berbicara di depan umum?

Di dalam buku “Best Your Self”, Linda Adam dan Elinor Lenz menyatakan pentingnya sikap pengungkapan diri dengan cara yang elegan. Pengungkapan diri di depan umum dibagi dengan cara mengungkapkan diri secara non asertif, agresif, dan asertif.

cara berbicara di depan umum dengan baik dan lancar ala Linda Adam
cara berbicara di depan umum dengan baik dan lancar ala Linda Adam

Cara Berbicara lancar dengan orang lain-Sikap Non Asertif

Cara mengungkapkan diri dengan sikap non asertif adalah memilih pasif, kurang bertindak, dan cenderung tidak menyatakan perasaan dengan jelas. Sikap non asertif adalah kondisi dimana seseorang tidak mengungkapkan pendapat, pemikiran dan keinginan di hadapan orang lain.

Sikap non asersif adalah sikap yang memelihara ketakutan, mengembangkan keraguan, dan menghindarkan diri dari polemik. Sikap non asertif adalah pilihan untuk tidak berkonflik dengan orang lain. Tetapi, sikap non asertif justru mengorbankan diri sendiri dan kepentingan yang lebih luas.

Sikap non asertif adalah pilihan untuk bereaksi dari beraksi. Keputusan untuk menanggapi daripada mengambil inisiatif. Lebih memilih menangguhkan kepentingan pribadi daripada kepentingan orang lain.  Parahnya, dengan sikap non asertif, orang lain akan mengambil keuntungan dengan meremehkan, merendahkan, dan menyepelekan pendapat anda.

Cara Berbicara lancar dengan orang lain, percaya diri dan meyakinkan
Cara Berbicara lancar dengan orang lain, percaya diri dan meyakinkan

Cara Berbicara lancar dengan orang lain- Sikap Agresif

Kebalikan dari sikap non asertif adalah sikap agresif. Cara berbicara agresif berarti lebih mengutamakan keperluan, pendapat, dan gagasan sendiri dengan menafikan orang lain. Cara berbicara agresif adalah cara berbicara yang mengabaikan, mengacuhkan, dan tidak peka dengan kebutuhan orang lain.

Pembicara dengan sikap agresif sangat terbuka dengan gagasannya. Bahkan, untuk memenangkan hasrat untuk dominan, maka menghina, menyakiti, dan mengesampingkan orang lain adalah wajar. Saat pembicara dengan sikap agresif sedang menyampaikan gagasannya, suasana menjadi tegang, hubungan menjadi rusak, dan keadaan menjadi penuh tekanan.

Cara Berbicara lancar dengan orang lain dan percaya diri
Cara Berbicara lancar dengan orang lain dan percaya diri

Cara Berbicara lancar dengan orang lain-Sikap Asertif

Cara berbicara di depan umum yang terbaik adalah dengan sikap asertif. Cara berbicara asertif berarti kemampuan berbicara di depan umum dengan memahami apa yang diperlukan, apa yang ideal dan apa yang harus dilakukan. Pada konteks ini, sang pembicara menunjukkan rasa hormat, rasa peduli, dan rasa empati yang besar.

Pembicara dengan sikap asertif mengembangkan keterbukaan, kejujuran, dan kebersamaan. Saat berbicara, orang dengan sikap asertif akan berdiskusi tanpa melanggar hak orang lain. Pembicara dengan sikap asertif mengutamakan kepentingan bersama diatas kepentingan pribadi.

Ketika harus berkonflik dengan orang lain, pembicara dengan sikap asertif akan terbuka dengan negosiasi antar semua pihak. Kondisi yang tercipta akan kondusif, komunikatif, dan kooperatif satu sama lain. Dengan kesadaran saling membutuhkan, saling menguatkan, dan saling mempersatukan diantara berbagai kepentingan yang muncul.

Cara Berbicara Lancar Dengan Orang Lain
Cara Berbicara Lancar Dengan Orang Lain

Tips Public Speaking- Cara Berbicara lancar dengan orang lain

Linda Adam dan Elinor Lenz membagi cara berbicara lancar dengan orang lain melalui pendekatan non asertif, agresif, dan asertif. Pendekatan non asertif lebih merugikan karena mengorbankan diri sendiri. Pendekatan agresif juga kurang efektif, karena mengorbankan orang lain.

Jadi, cara berbicara lancar dengan orang lain adalah dengan sikap asertif. Dengan kemampuan ini, sang pembicara akan berbicara dengan mengedepankan kepentingan bersama dan meminimalisir kepentingan pribadi. Komunikasi yang efektif, mengayomi, dan menghargai tercipta dengan sikap asertif. (Bertinus Sijabat- jurubicara.com)

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*