Menjadi Trainer Profesional Dengan Taktik Gerilya

menjadi trainer profesional dengan taktik gerilya Jill Lublin
menjadi trainer profesional dengan taktik gerilya Jill Lublin

Jurubicara.com-Menjadi trainer profesional dengan taktik gerilya adalah salah satu cara mewujudkan impian menjadi pembicara yang efektif. Taktik gerilya adalah strategi yang jitu mengoptimalkan waktu, energi, dan imajinasi untuk membangun bisnis.

Menurut Jay Conrad Levinson, di dalam buku “Guerrilla Publicity” , taktik gerilya menitikberatkan pada terciptanya hubungan dibandingkan dengan keuntungan finansial. Taktik gerilaya sangat cocok bagi pebisnis kecil yang memiliki impian besar, namun memiliki keterbatasan dana. Para pengguna taktik gerilya menghargai proses perjalanan sukses daripada keuntungan jangka pendek.

menjadi trainer profesional dengan taktik gerilya tip public speaking
menjadi trainer profesional dengan taktik gerilya tip public speaking

Menjadi Trainer Profesional Dengan Taktik Gerilya

Jill Lublin sadar bahwa taktik gerilya adalah salah satu pendekatan bisnis yang baik dan strategis.Oleh karenanya, untuk mewujudkan impian menjadi trainer profesional, maka Jill mengoptimalkan taktik gerilya.

Penulis buku laris “Networking Magic” ini mengungkapkan strategi cara menjadi trainer profesional dengan taktik gerilya. Menurutnya, taktik gerilya dapat dilakukan dengan meminta publikasi dengan perusahaan klien, menuliskan artikel khusus, dan mengenal audiens pendengar sebelumnya.

menjadi trainer profesional dengan taktik gerilya Jay Conrad Levinson
menjadi trainer profesional dengan taktik gerilya Jay Conrad Levinson

Menjadi Trainer Profesional Dengan Taktik Gerilya- Meminta publikasi dengan perusahaan klien

Jill Lublin membangun kesepakatan yang urgen dengan perusahaan yang mempercayakan dirinya untuk memberikan ceramah. Kesepakatannya adalah agar ceramah ini dipublikasikan melalui newletter, situs web, blog maupun podcast resmi perusahaan.

Publikasi ini akan memberikan nilai tambah bagi perusahaan klien dan nilai lebih bagi Jill sendiri. Dengan adanya publikasi ini, maka aktivitas ceramah menjadi terdokumentasi dengan baik, sehingga lebih meningkatkan kepercayaan publik kepadanya. Publikasi ini akan menarik audiens yang lebih luas sehingga namanya semakin dikenal oleh masyarakt luas.

menjadi trainer profesional dengan taktik gerilya
menjadi trainer profesional dengan taktik gerilya

Menjadi Trainer Profesional Dengan Taktik Gerilya- Menuliskan artikel khusus

Setiap kali tampil di depan publik, Jill memutuskan untuk menuliskan artikel khusus sesuai dengan tema acara.  Artikel khusus ini dapat menjadi referensi bagi penulisan publikasi perusahaan klien. Oleh karenanya, setiap artikel khusus ini biasanya akan diterbitkan seiring dengan acara ceramah.

Keputusan untuk menulis artikel khusus yang disesuaikan dengan tema acara memang membutuhkan energi tambahan. Tetapi, keuntungannya adalah materi presentasi menjadi jauh lebih jelas karena disertai dengan poin-poin penting yang akan dibagikan selama ceramah.

Bagi Jill, semakin banyak artikel ceramah yang dipublikasikan akan semakin baik. Artikel ini terdokumentasi secara digital maupun fisik, sehingga akan menambah portofolio ceramah. Hal ini juga berarti semakin meningkatnya kepercayaan, penerimaan, dan apresiasi publik atas ceramah yang disampaikannya.

menjadi trainer profesional dengan taktik gerilya Jill Lublin
menjadi trainer profesional dengan taktik gerilya Jill Lublin

Menjadi Trainer Profesional Dengan Taktik Gerilya- Mengenal audiens pendengar sebelumnya.

Cara menjadi trainer profesional dengan taktik gerilya juga diterapkan oleh Jill dengan meminta kesediaan perusahaan klien untuk mengirimkan daftar peserta yang akan menghadiri ceramah. Tujuannya jelas, Jill ingin mengenal audiens pendengar secara lebih dekat.

Dengan mengetahui informasi nama, jabatan, dan hobbi dari audiens pendengar, maka akan lebih mudah untuk menyampaikan ceramah. Sang trainer profesional ini mengakui dengan mengenal audiens, maka jauh lebih mudah menerapkan komunikasi yang efektif.

Jill, penulis buku ”Get Noticed…Get Referrals: Build Your Client Base and Your Business by Making a Name for Yourself” mengakui bahwa taktik gerilya sangat efektif. Dengan pendekatan bisnis ini, maka selain lebih murah, maka keuntungan jangka panjang juga dicapai dengan baik.

Tips public speaking-Menjadi trainer profesional dengan taktik gerilya
Tips public speaking-Menjadi trainer profesional dengan taktik gerilya

Tips Public Speaking- Menjadi Trainer Profesional Dengan Taktik Gerilya

Menjadi trainer profesional dengan taktik gerilya tidak membutuhkan biaya yang mahal. Justru, keunggulan taktik gerilya ini adalah pada kemampuan membangun hubungan jangka panjang di atas landasan saling percaya satu sama lain. (Bertinus Sijabat-jurubicara.com)

Tips public speaking cara menjadi trainer profesional dengan taktik gerilya dapat diwujudkan dengan meminta publikasi dengan perusahaan klien. Kemudian, pastikan bahwa anda juga mengembangkan kebiasaan untuk menuliskan artikel khusus sesuai dengan materi ceramah. Lalu, mintalah daftar nama peserta dari perusahaan klien agar anda dapat mengenal audiens pendengar jauh sebelum acara ceramah dilakukan. Dengan cara ini, anda sudah lebih familier, akrab, dan dekat dengan audiens karena dapat menyebutkan beberapa nama diantaranya. (Bertinus Sijabat-jurubicara.com)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*