Syarat Menjadi Trainer Profesional

syarat menjadi trainer profesional berbicara percaya diri di depan umum
syarat menjadi trainer profesional berbicara percaya diri di depan umum

Jurubicara.com-Kursus Public Speaking Di Yogyakarta. Syarat menjadi trainer profesional adalah kualifikasi khusus yang mutlak dipenuhi oleh seorang kandidat pembicara yang baik. Dalam konteks ini, kita tidak sedang membahas kualifikasi pendidikan, pengalaman, dan keterampilan. Tentu, kualiffikasi itu penting. Tetapi yang lebih penting daripada itu adalah fighting spirit anda saat sedang merintis karir menjadi trainer profesional.

Steven Plochocki, CEO Insight Health Corporation merekomendasikan syarat menjadi trainer profesional. Menurutnya, etos kerja, nilai kerja dan semangat kerja yang tinggi adalah kekuatan yang harus dimiliki agar optimal di dalam meraih karir impian.

syarat menjadi trainer profesional berbicara percaya diri di depan audiens
syarat menjadi trainer profesional berbicara percaya diri di depan audiens

Syarat Menjadi Trainer Profesional-Jangan Berhenti Berjuang

Ketika anda sudah mengambil keputusan untuk menjadi trainer profesional maka pada saat yang sama perjuangan yang sesungguhnya dimulai. Pada tahap ini, anda harus berjuang untuk menunjukkan performa terbaik melalui setiap penampilan publik anda.

Optimalkan setiap kesempatan yang ada di depan anda. Bukalah berbagai jaringan dengan berbagai komunitas yang mau memberikan kesempatan berbicara kepada anda. Dan, pastikan bahwa anda benar-benar mampu mengeksplorasi potensi terbaik yang ada di dalam diri anda, di dalam diri orang lain, dan di lingkungan anda.

Selama proses ini, bisa jadi banyak kendala yang menghalangi perjuangan anda. Anda harus siap dengan penolakan, kekalahan, dan kegagalan. Anda harus tabah menghadapi kompetisi, koreksi, dan kooptasi. Tetapi, itulah seni perjuangan hidup. Selama anda tidak berhenti, maka anda masih dapat muwujudkan impian menjadi trainer profesional.

syarat menjadi trainer profesional berbicara dengan percaya diri
syarat menjadi trainer profesional berbicara dengan percaya diri

Syarat Menjadi Trainer Profesional-Jangan Berhenti Belajar

Trainer profesional adalah profesi yang mengharuskan anda untuk selalu belajar. Anda tidak boleh merasa puas dengan berbagai materi presentasi yang telah anda kuasai. Pastikan bahwa anda terus-menerus memperbaharui data, informasi, dan ilmu sesuai dengan skill anda.

Trainer profesional belajar dengan mengikuti seminar, workshop, dan mengikuti berbagai pelatihan. Perluas cakrawala berpikir anda dengan membaca buku-buku, mendengar audio pelatihan, dan menyaksikan berbagai video sesuai kompetensi anda. Tambah perbendaharaan kata, istilah, dan materi presentasi yang dapat menjadi nilai tambah anda.

syarat menjadi trainer profesional berjuang tanpa kenal lelah
syarat menjadi trainer profesional berjuang tanpa kenal lelah

Syarat Menjadi Trainer Profesional-Jangan Berhenti Mengajar

Steven Plochoki mengungkapkan betapa belajar dan mengajar adalah sebuah siklus yang terus berputar. Steven belajar dari kehidupan ayahnya, belajar dari kehidupannya sendiri, dan belajar dari kehidupan orang lain di sekitarnya. Bahkan, berbagai pengalaman membangun tim, membangun sinergi, dan membangun keterlibatan dengan masyarakat adalah pembelajaran penting yang sangat berharga bagi kesuksesan karirnya.

Meski begitu, pembelajaran harus diimbangi dengan kemauan untuk mengajar. Dengan mengajar secara sungguh-sungguh maka ilmu yang dimiliki bukannya berkurang, tetapi justru bertambah. Bukan hanya itu, kehadiran anda akan berdampak, berpengaruh, dan bermanfaat bagi komunitas anda.

Saat anda mengajar anda akan tahu betapa pengetahuan, skill, dan pengalaman anda akan semakin terasah. Pada saat bersamaan, anda akan menikmati kepuasaan dan kebahagiaan saat berbagi kepada orang lain. Perlu diingat, walaupun anda seorang trainer profesional, kebutuhan sedekah ilmu juga tidak boleh diabaikan.

syarat menjadi trainer profesional berbicara percaya diri di depan umum
syarat menjadi trainer profesional berbicara percaya diri di depan umum

Tips Public Speaking-Syarat Menjadi Trainer Profesional

Bagi Steven Plochoki, syarat menjadi trainer profesional adalah kemampuan untuk terus berjuang, terus belajar, danĀ  terus mengajar. Semua siklus ini harus dibarengi dengan etos kerja, nilai kerja, dan semangat kerja. Dengan cara ini, maka anda akan dikenalĀ  sebagai trainer profesional yang sukses.

Jadi, jangan perhah berhenti belajar, karena berhenti belajar justru menunjukkan kemandekan. Jangan pernah berhenti berjuang, karena sukses adalah sebuah perjalanan yang belum berakhir sampai kita mati. Dan, jangan pernah berhenti mengajar, karena mengajar merupakan bakti bagi sesama yang membuat kehidupan ini menjadi lebih bermakna! (Bertinus Sijabat-jurubicara.com)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*