Cara Mengatasi Audiens Yang Sulit

Cara mengatasi audiens sulit saat menyampaikan materi presentasi
Cara mengatasi audiens sulit saat menyampaikan materi presentasi

Jurubicara.com-Pelatihan Public Speaking Di Yogyakarta. Cara mengatasi audiens yang sulit merupakan salah satu rahasia sukses dari presentasi yang efektif. Bahkan, kemampuan untuk mengatasi audiens pendengar yang mengganggu, mengajukan pertanyaan yang menjebak, dan tidak mau memperhatikan merupakan salah satu keterampilan wajib yang harus dikuasai oleh seorang pembicara yang handal.

Pernahkah anda mengalami situasi dimana sebagian audiens pendengar tampak sulit dikendalikan? Audiens yang sulit ini tampil agresif, seolah-olah jauh lebih hebat daripada sang  pembicara, sehingga membuat suasana pelatihan menjadi sedemikian tidak kondusif? Saya percaya, setiap pembicara publik pernah menghadapi keadaan tidak ideal ini.

Cara mengatasi audiens yang sulit saat menyampaikan materi presentasi ala pembicara handal
Cara mengatasi audiens yang sulit saat menyampaikan materi presentasi ala pembicara handal

Cara Mengatasi Audiens Yang Sulit Ala Ron Shaw

Ron Shaw adalah seorang pembicara yang handal yang mengerti bagaimana cara mengatasi audiens yang sulit. Pembicara profesional yang sukses meniti karir sebagai Presiden dan CEO Pilot Pen Corporation ini mengungkapkan strategi jitu agar dapat menghadapi audiens yang sulit dengan cara yang elegan.

Ron Shaw, penulis buku “ Pilot Your Life” ini pernah menikmati pahit manisnya kehidupan sebagai komedian panggung. Tentu, kesuksesan performa seorang komedian panggung atau stand up comedy sangat mudah diketahui dari reaksi audiens pendengar secara langsung, bukan? Penonton yang terhibur, bertepuk tangan, dan memberikan apresiasi dapat diketahui secara jelas. Sebaliknya, reaksi penonton yang tampak jengkel, merasa tidak terhibur, dan justru mencibir juga merupakan  hal yang lumrah.

Cara mengatasi audiens yang sulit ala pembicara handal Ron Shaw saat menyampaikan materi presentasi
Cara mengatasi audiens yang sulit ala pembicara handal Ron Shaw saat menyampaikan materi presentasi

Cara Mengatasi Audiens Yang Sulit-Tetap Tenang

Alih-alih panik, marah, dan emosional saat menghadapi audiens pendengar yang sulit. Justru, Ron Shaw memilih untuk menghadapi audiens yang sulit dengan tenang. Pada tahap ini, Ron Shaw memilih untuk melanjutkan materi presentasinya dengan optimal.

Caranya? Pembicara yang handal ini justru memilih untuk tidak terpengaruh dengan reaksi penonton yang tidak simpati. Malahan, momentum ini adalah kesempatan untuk meluncurkan lelucon terbaik kepada audiens pendengar.

Cara mengatasi audiens yang sulit ala pembicara handal Ron Shaw
Cara mengatasi audiens yang sulit ala pembicara handal Ron Shaw

Cara Mengatasi Audiens Yang Sulit-Tetap Menyampaikan Materi Terbaik

Menurut Ron Shaw, pembicara yang handal adalah seorang penjual yang sedang memasarkan kemampuan terbaiknya. Dan, sebagai seorang komedian, Ron Shaw paham benar bahwa kemampuan untuk membuat penonton tertarik, antuasias, dan tersenyum adalah keharusan baginya.

Ketika materi presentasi yang disampaikannya  tidak mendapat respon yang positif, maka sang pembicara yang handal tidak boleh menyerah. Justru, dengan mengetahui reaksi audiens pendengar yang tidak bersahabat ini, sang pembicara seharusnya semakin mengeksplorasi yang materi terbaik yang dapat dipersembahkannya.

Cara mengatasi audiens yang sulit cara menjadi pembicara handal
Cara mengatasi audiens yang sulit cara menjadi pembicara handal

Cara Mengatasi Audiens Yang Sulit-Tetap Fokus Pada Audiens

Kegagalan pada satu penampilan bukan berarti akhir dari segalanya. Ketidakmampuan untuk menarik atensi audiens pada satu sajian presentasi, bukan berarti kepastian kegagalan pada bagian presentasi yang lain, bukan?

Jadi, Ron Shaw tetap memilih untuk fokus pada audiens pendengar yang masih memberikan kesempatan kepadanya. Baginya, audiens pendengar yang masih bersedia mendengarkan adalah penonton yang harus diapresiasi dengan materi presentasi yang terbaik pula.

Caranya? Dengan memperlambat ritme bicara, dengan meningkatkan konsentrasi, dan dengan menampilkan materi presentasi yang pernah sukses dipersembahkannya di hadapan audiens pendengar.

Cara mengatasi audiens yang sulit saat menyampaikan materi presentasi
Cara mengatasi audiens yang sulit saat menyampaikan materi presentasi

Tips Public Speaking- Cara Mengatasi Audiens Yang Sulit

Keberhasilan untuk melewati rintangan audiens yang sulit adalah batu loncatan untuk kehidupan yang lebih baik. Ron Shaw sudah membuktikan bahwa kemampuannya dalam mengatasi audiens yang sulit di panggung komedi, ternyata sangat efektif saat dioptimalkan di panggung kehidupan.

Tips public speaking yang sama juga menjadi solusi bagi anda. Ketika menghadapi audiens yang sulit, maka tetaplah tenang, jangan biarkan reaksi audiens menghancurkan semangat juang anda. Lalu, tetaplah fokus pada materi presentasi terbaik yang sudah anda persiapkan dengan matang. Kemudian, tetaplah fokus pada audiens  pendengar yang masih setia menanti persembahan terbaik yang dapat anda dedikasikan! (Bertinus Sijabat-jurubicara.com)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*