Cara Berbicara Di Depan Umum dengan Benar

cara berbicara di depan umum dengan benar
cara berbicara di depan umum dengan benar

Jurubicara.com-Pelatihan Public Speaking Yogyakarta. Cara berbicara di depan umum dengan benar adalah  metode cara memperkenalkan seorang pembicara di depan audiens pendengar. Jadi, pada konteks ini, kita sedang berbicara tentang bagaimana sebaiknya seorang pembawa acara atau moderator saat memperkenalkan sang pembicara yang akan tampil berbicara di depan umum.

Pembawa acara yang profesional adalah pembicara yang baik yang mampu memperkenalkan sang pembicara dengan cara yang baik dan benar pula. Namun, pembawa acara yang kurang profesional cenderung lebih dominan dan kadangkala salah dalam memperkenalkan sang pembicara yang akan tampil memberikan materi presentasi.

cara berbicara di depan umum dengan benar ala John Milton Fogg
cara berbicara di depan umum dengan benar ala John Milton Fogg

Cara berbicara di depan umum dengan benar Ala John Milton Fogg

John Milton Fogg penulis buku “The Greatest Networker in the World” menyampaikan pendapatnya mengenai cara memperkenalkan sang pembicara. Menurut penulis buku “Conversations with the greatest  Networker in the World” ini, seorang pembawa acara yang baik harus memahami tata cara berbicara di depan umum dengan benar.

Menurut John Milton memberikan tips 4 formula sederhana saat memperkenalkan sang pembicara. Menurutnya, 4 formula sederhana ini terbukti ampuh, jitu, dan sangat profesional.

cara berbicara di depan umum dengan benar tips public speaking
cara berbicara di depan umum dengan benar tips public speaking

Cara berbicara di depan umum dengan benar-Jelaskan Topik yang akan Disampaikan

Pembawa acara yang baik harus menjelaskan topik utama yang akan dipaparkan oleh sang pembicara. Penjelasan akan topik yang disampaikan oleh sang pembicara itu mutlak harus disampaikan agar audiens pendengar bisa memusatkan perhatian dengan baik.

Jangan biarkan audiens pendengar hanya menduga-duga,samar-samar, atau malah tidak paham mengenai topik yang akan dijelaskan oleh sang pembicar di di dalam materi presentasinya. Jangan biarkan pula sang pembicara harus menjelaskan topiknya sejak awal karena audiens pendengar tidak tahu sekali dengan topik yang akan dibawakannya.

cara berbicara di depan umum dengan benar menurut John Milton Fogg
cara berbicara di depan umum dengan benar menurut John Milton Fogg

Cara berbicara di depan umum dengan benar-Jelaskan mengapa sang pembicara layak berbicara

Pembawa acara yang baik harus mampu menjelaskan kepada audiens pendengar mengenai siapa sesungguhnya sang pembicara yang akan tampil berbicara. Jelaskan pendidikan, pengalaman dan keistimewaan sang pembicara sehingga pantas untuk berbicara sesuai topik yang dibawakan.

Pembawa acara yang baik harus mampu membuat audiens pendengar tertarik, terinspirasi, dan termotivasi untuk mendengarkan sang pembicara. Jadikan sang pembicara sebagai orang yang istimewa sehingga layak didengar, layak diapresiasi dan layak dihormati. Jadikan sang pembicara mendapat respek yang sewajarnya dari audiens pendengar.

cara berbicara di depan umum dengan benar
cara berbicara di depan umum dengan benar

Cara berbicara di depan umum dengan benar-Jelaskan Kontribusi sang Pembicara

Pembawa acara yang baik harus bisa menjelaskan kepada audiens pendengar mengenai prestasi, pencapaian, dan peraihan terbaik yang diraih oleh sang pembicara. Dalam hal ini, pastikan bahwa anda memahami dengan benar kontribusi yang telah diberikan oleh sang pembicara kepada lembaga, perusahaan, atau komunitasnya. Kontribusi pribadi sang pembicara penting untuk disampaikan sehingga audiens pendengar benar-benar tertarik dengan keberadaannya.

Apalagi jika sang pembicara memiliki kontribusi pribadi yang luar biasa terhadap kesuksesan sang pembawa acara sendiri. Maka, jelaskan kepada audiens pendengar bagaimana sang pembicara telah berhasil mengubah hidup anda. Dengan pengakuan akan kontribusi pribadi maupun kontribusi korporasi seperti ini, maka audiens akan benar-benar memberikan fokus perhatiannya kepada sang pembicara yang akan  tampil.

cara berbicara di depan umum dengan benar dan efektif
cara berbicara di depan umum dengan benar dan efektif

Cara berbicara di depan umum dengan benar-Sebutkan Nama Sang Pembicara

Pembawa acara yang baik harus mampu membuat audiens pendengar merasa panasaran dan bertanya-tanya dengan antusias. Kesalahan yang paling umum dilakukan oleh pembawa acara yang kurang profesional adalah dengan memberitahukan terlebih dahulu nama sang pembicara, bukan?

Menurut John Milton Fogg, yang lebih baik adalah dengan menyebutkan nama sang pembicara pada saat terakhir. Mengapa? Karena pada titik ini, audiens pendengar sudah memiliki pengetahuan, informasi, dan kontribusi sang pembicara. Sehingga, puncaknya adalah kemunculan sang pembicara dari balik layar dan mendapat tepuk tangan meriah dari audiens pendengar.

cara berbicara di depan umum dengan benar tips keterampilan public speaking
cara berbicara di depan umum dengan benar tips keterampilan public speaking

Tips public speaking- Cara berbicara di depan umum dengan benar

Cara berbicara di depan umum dengan benar ini dapat diterapkan oleh pembawa acara, moderator, maupun anda secara pribadi. Ketika sedang memperkenalkan seorang pembicara, maka pastikan anda menggunakan 4 formula sederhana ini.

Pertama, jelaskan topik yang akan dibawakan oleh sang pembicara. Kedua, jelaskan pendidikan, latar belakang dan pengalaman hidup sang pembicara. Kemudian, jelaskan kontribusi atau prestasi sang pembicara yang membanggakan. Lalu, keempat, sebutkan nama sang pembicara. Siap menjadi pembawa acara yang baik? (Bertinus Sijabat-www.jurubicara.com)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*