Ciri-Ciri Pembicara Yang Efektif

Ciri-ciri Pembicara Yang Efektif Memberikan Solusi Atas masalah
Ciri-ciri Pembicara Yang Efektif Memberikan Solusi Atas masalah

jurubicara.com-Yogyakarta. Ciri-ciri pembicara yang efektif adalah indikator, parameter, atau standar yang baik tentang bagaimana seharusnya sebuah  presentasi disajikan. Pembicara yang efektif berbeda dengan pembicara publik yang sekedar berbicara untuk menyampaikan informasi kepada audiens. Ya, ciri-ciri pembicara yang efektif tentu bagaikan langit dan bumi atau berkebalikan dengan pembicara yang tidak efektif.

Sebagai seorang pembelajar, praktisi, dan pengamat komunikasi, saya berulangkali menyaksikan betapa  tidak semua pembicara publik adalah pembicara yang efektif. Bahkan, banyak pembicara profesional yang mempertonton ketidakefektifan ketika sedang menyampaikan presentasi. Hal ini patut disayangkan, mengingat bahwa para pembicara profesional ini adalah pembicara yang sudah makan asam garam dunia presentasi.

ciri-ciri pembicara yang efektif tampil berbicara di depan umum
ciri-ciri pembicara yang efektif tampil berbicara di depan umum

Ciri-ciri Pembicara Yang Efektif

Pembicara yang tidak efektif seringkali tampil di depan publik  sekedar menyampaikan informasi, ide, dan gagasan saja. Pembicara yang tidak efektif ini seakan-akan lupa untuk menginspirasi, memotivasi, dan mengaspirasi audiens pendengar untuk melakukan aksi nyata! Para pembicara yang tidak efektif terlalu asik untuk mengungkapkan fakta, data, dan ilmu, tetapi tanpa mengikutsertakan audiens untuk melakukan aksi perubahan nyata!

Sebaliknya, pembicara yang efektif adalah pembicara publik yang mampu menginspirasi, memotivasi, dan mengaspirasi audiens pendengar untuk bertindak nyata. Para pembicara yang efektif tidak puas hanya sekedar menyajikan fakta, data, dan ilmu, tetapi juga menggugah audiens pendengar untuk melakukan perubahan nyata!

Ciri-ciri Pembicara Yang Efektif Menyampaikan tema presentasi
Ciri-ciri Pembicara Yang Efektif Menyampaikan tema presentasi

Ciri-ciri Pembicara yang Efektif- Menyampaikan Tema Presentasi

Pembicara yang efektif adalah pembicara publik yang menyampaikan tema presentasi dengan jelas. Tema presentasi harus disajikan diawal penampilan, sehingga audiens pendengar mampu memahami topik yang sedang disajikan oleh sang pembicara. Seringkali terjadi, begitu tampil di atas podium, sang pembicara sekedar nyerocos, tanpa mengungkapkan topik utama yang disajikan kepada audiens.

Tema presentasi  yang baik dapat disajikan sebagai judul presentasi. Tema presentasi dapat dipahami sebagai frame yang membingkai pembicaraan. Tema presentasi  sebaiknya tidak terlalu panjang, luas, dan bias. Tema presentasi yang baik harus dirumuskan dengan batasan masalah, rumusan masalah, dan solusi atas masalah.

Ciri-ciri Pembicara Yang Efektif Memberikan Solusi Atas masalah
Ciri-ciri Pembicara Yang Efektif Memberikan Solusi Atas masalah

Ciri-ciri Pembicara Yang Efektif- Memberikan Solusi Atas masalah

Rumusan masalah harus berisi pertanyaan yang menggugah audiens untuk berpikir. Rumusan masalah harus memotivasi audiens untuk terlibat di dalam pencarian solusi. Rumusan masalah yang baik harus dikemas sedemikian rupa, sehingga membuat audiens pendengar menjadi terhubung dengan pokok masalah yang ada.

Solusi atas masalah inilah yang harus disajikan oleh pembicara yang efektif. Jalan keluar atas masalah inilah yang harus dipresentasikan oleh sang pembicara yang baik. Jawaban atas masalah inilah yang harus dipaparkan oleh pembicara yang handal.

Presentasi yang efektif adalah presentasi yang membuat audiens menjadi tahu akan solusi yang terbaik. Presentasi yang efektif adalah presentasi yang memberikan jalan keluar yang terbaik. Presentasi yang efektif adalah presentasi yang memberi jawaban atas rumusan masalah. Presentasi yang efektif adalah presentasi yang mampu memuaskan rasa penasaran audiens pendengar.

Ciri-ciri Pembicara Yang Efektif Menantang Komitmen Perubahan
Ciri-ciri Pembicara Yang Efektif Menantang Komitmen Perubahan

Ciri-ciri Pembicara Yang Efektif-Menantang Komitmen Perubahan

Sebagian pembicara profesional berhenti pada tahap menyampaikan solusi. Sebagian pembicara publik merasa puas saat berhasil menyampaikan materi dengan baik. Sebagian pembicara seminar menutup presentasi setelah menyampaikan beragam inspirasi.

Pembicara yang efektif adalah pembicara publik yang tampil sepenuh hati. Pembicara yang efektif berani menggugah audiens pendengar untuk berubah. Pembicara yang efektif berani meminta komitmen perubahan kepada audiens pendengar. Pembicara yang efektif berani menantang auidens pendengar untuk melakukan aksi tindakan nyata!

Perubahan tidak akan terjadi hanya dengan dikatakan. Perubahan tidak akan terjadi hanya dengan materi presentasi. Perubahan tidak akan terjadi sebelum aksi nyata dikerjakan. Perubahan tidak akan menjadi perubahan nyata bila tidak dilakukan, sekarang!

ciri-ciri pembicara yang efektif berbicara di depan umum
ciri-ciri pembicara yang efektif berbicara di depan umum

Memenuhi Ciri-ciri Pembicara Yang Efektif

Pembicara yang handal adalah pembicara yang mampu menyampaikan tema presentasi, memberikan solusi atas masalah, dan menantang komitmen perubahan. Oleh karena itu, sebelum menutup presentasi,  pembicara yang efektif akan mengulangi garis besar materi yang sudah disajikannya. Mintalah audiens untuk mengulang kembali dengan bibir mulut mereka sendiri semua garis besar atau solusi yang sudah anda sajikan.

Kemudian, tantang audiens untuk berjanji agar bisa mewujudkan solusi itu di dalam kehidupan mereka secara pribadi. Gugah audiens pendengar untuk melakukan perubahan nyata. Minta audiens pendengar untuk berkomitmen melakukan aksi nyata. Jawaban, perkataan, persetujuan audiens adalah janji, komitmen, dan jalan keluar yang menjadi tanggung jawab pribadi audiens sendiri! (Bertinus Sijabat-jurubicara.com)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*