Cara Menjadi Pembicara Yang Efektif

Cara menjadi pembicara yang efektif saat tampil berbicara di depan umum
Cara menjadi pembicara yang efektif saat tampil berbicara di depan umum

Jurubicara.com-Yogyakarta. Cara menjadi pembicara yang efektif adalah seluruh daya, upaya, dan usaha tak kenal lelah untuk menjadi pembicara yang handal. Cara menjadi pembicara yang efektif adalah prosesi langkah demi langkah dan tahap demi tahap yang harus dilalui dengan kerja keras. Dengan kata lain, cara menjadi pembicara yang efektif adalah sebuah prosesi jangka panjang!

Pembicara yang efektif tidak dilahirkan. Tetapi, pembicara yang efektif adalah pembicara yang diciptakan melalui kristalisasi keringat, prosesi jatuh bangun, dan usaha yang terus-menerus. Saya percaya bahwa pembicara yang handal tidak lahir dengan sendirinya. Pembicara yang handal harus belajar untuk menjadi seorang pembicara yang efektif.

Cara menjadi pembicara yang efektif saat tampil berbicara di depan umum
Cara menjadi pembicara yang efektif saat tampil berbicara di depan umum

Cara menjadi pembicara yang efektif- Pembicara Sejak Lahir

Dengan bahasa yang gamblang, Zig Ziglar, penulis buku “See You At The Top” mengungkapkan bahwa tidak ada orang yang lahir sebagai seorang pembicara. Setiap orang lahir di dunia sebagai seorang bayi, laki-laki dan perempuan. Tidak ada bayi  yang lahir langsung fasih pidato dengan cara yang paling efektif. Setiap orang lahir sebagai bayi kecil mungil. Atau, pernahkah anda tahu komunitas yang langsung memberikan podium untuk mendengarkan  bayi mungil yang baru lahir sebagai pembicara yang handal?

Harus diakui bahwa memang ada pembicara berbakat yang  berani tampil di depan publik sejak usia kecil. Pembicara yang berbakat ini diwarisi kemampuan alamiah untuk berbicara dengan efektif di depan umum. Tetapi, dalam proses menjadi seorang pembicara profesional, sang pembicara yang berbakat ini juga harus melalui berbagai proses yang tidak mudah.

Cara menjadi pembicara yang efektif
Cara menjadi pembicara yang efektif

Cara menjadi pembicara yang efektif- Prosesi Latihan

Denis Waitley harus memberikan presentasi gratis sebanyak 800 kali sebelum menjadi pembicara profesional yang mendapat bayaran. Benjamin Disraeli ditertawakan lalu disuruh diam sebelum akhirnya menjadi pembicara publik yang dikenal luas. Demosthenes harus kehilangan harta warisan karena kalah dalam debat saat tampil berbicara di depan umum. Les Giblin harus melatih imajinasi secara detail sebelum berani tampil berbicara di depan umum.

Pembicara yang efektif adalah pembicara yang memahami arti kata latihan yang sesungguhnya. Latihan berbicara di depan umum berarti berlatih sepanjang waktu agar mampu tampil maksimal saat berbicara di depan umum. Tampil berbicara di depan umum tanpa latihan sama artinya dengan merencanakan kegagalan. Sebaliknya, merencanakan keberhasilan saat tampil berbicara di depan umum berarti harus melalui latihan keras, terus-menerus, dan konsisten.

Cara Menjadi Pembicara Yang Efektif Zig Ziglar
Cara Menjadi Pembicara Yang Efektif Zig Ziglar

Cara menjadi pembicara yang efektif-Persiapan Matang

Winston Churchill adalah seorang pembicara yang handal yang diakui secara internasional. Namun, Winston Churchill tetap belajar mempersiapkan diri ketika akan tampil berbicara di depan umum. Bahkan, Winston Churchill membutuhkan waktu sampai 6 jam latihan persiapan pidato untuk tampil berbicara di depan umum dalam waktu yang singkat!

Pepatah bijak menyatakan mempersiapkan penampilan publik sama dengan merencanakan untuk berhasil. Sebaliknya, tampil berbicara di depan umum tanpa persiapan yang matang sama dengan merencanakan untuk gagal.

Cara menjadi pembicara yang efektif latihan dan persiapan yang matang
Cara menjadi pembicara yang efektif latihan dan persiapan yang matang

Cara menjadi pembicara yang efektif-Diciptakan

Tidak ada jalur instan sebagai cara menjadi pembicara yang efektif. Tidak ada jalur mudah untuk menjadi pembicara yang efektif. Cara menjadi pembicara yang efektif harus ditempuh dengan bayar harga, bayar waktu, dan bayar upaya. Dengan kata lain, tidak ada jalur tol yang bebas hambatan yang bisa dilalui secara mudah!

Pembicara yang efektif harus melalui prosesi latihan dan persiapan yang matang. Pembicara yang efektif harus rela ditertawakan, dipermalukan, dikalahkan, dan tidak dianggap selama prosesi perjalanan menjadi pembicara yang handal. Tidak ada kata menyerah, takluk, dan mundur. Sebab, jika selama prosesi yang berat ini seorang memilih untuk pasrah dan tidak mau berusaha lagi, maka akan mustahil untuk meraih karir menjadi pembicara publik yang handal. (Bertinus Sijabat-www.jurubicara.com)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*