Cara Identifikasi Audiensi Pendengar

cara identifikasi audiensi pendengar akrostik
cara identifikasi audiensi pendengar akrostik

Jurubicara.com-Yogyakarta. Cara identifikasi audiensi pendengar adalah pilihan mutlak yang harus diambil oleh publik speaker yang handal. Mengapa? Karena dengan kemampaun mengidentifikasi audiensi pendengar, maka sang publik speaker akan lebih maksimal saat tampil berbicara di depan umum.

Cara identifikasi audiensi pendengar adalah salah satu proses persiapan yang sangat penting sebelum menyampaikan materi presentasi. Kesalahan di dalam melakukan identifikasi audiensi pendengar dapat meningkatkan resiko terjadinya kegagalan. Namun, ketepatan di dalam melakukan identifikasi audiensi pendengar akan meningkatkan peluang keberhasilan selama menyampaikan materi presentasi.

cara identifikasi audiensi pendengar untuk presentasi efektif
cara identifikasi audiensi pendengar untuk presentasi efektif

Cara identifikasi audiensi pendengar

Richard Heller, penulis buku “High Impact Speeches” mengungkapkan tiga cara identifikasi audiensi pendengar. Pertama, audiensi pendengar yang antusias. Kedua, audiensi pendengar yang ogah-ogahan. Ketiga, audiensi pendengar yang bersikap memusuhi.

Menurut Richard Heller, publik speaker yang handal harus mampu membagi audiensi pendengar ke dalam tiga jenis audiensi pendengar. Pembagian audiensi pendengar ini sangat penting, karena akan mempengaruhi persiapan, performa, dan penampilan seorang publik spekaker.

cara identifikasi audiensi pendengar maksimasi presentasi
cara identifikasi audiensi pendengar maksimasi presentasi

Cara identifikasi audiensi pendengar-audiensi pendengar yang antusias

Kelompok audiensi pendengar yang terbuka, siap menerima masukan, dan bergairah menyambut kehadiran publik speaker. Kelompok audiensi pendengar yang mau belajar, mau berubah, dan mau diajar oleh seorang publik speaker yang handal.

Ciri audiensi pendengar yang antusias adalah bergairah selama presentasi, duduk di bagian depan dengan kesadaran atau pilihan sendiri, mempersiapkan diri dengan peralatan rekaman atau alat tulis yang lengkap. Audiensi pendengar yang antusias hadir ke acara pertemuan dengan kesadaran sendiri, mau bayar harga mahal, dan benar-benar memahami tujuan kehadirannya.

Publik speaker yang handal harus mampu memperlakukan audiensi pendengar yang antusias ini dengan sangat istimewa. Jadikan kelompok audiensi pendengar yang antusias sebagai mitra, sahabat, dan kelompok pendukung yang memberikan energi kegairahan untuk menyampaikan materi presentasi dengan cara yang lebih baik.

cara identifikasi audiensi pendengar richard heller
cara identifikasi audiensi pendengar richard heller

Cara identifikasi audiensi pendengar-audiensi pendengar yang ogah-ogahan

Kelompok audiensi pendengar yang hadir ke acara pertemuan karena ajakan, perintah, dan kewajiban. Jika boleh memilih, audiensi pendengar ini akan memilih untuk tidak hadir. Namun, karena alasan tidak enak, harus mengikuti perintah atasan, dan demi mememuhi syarat tertentu, maka kelompok pendengar ini bersedia hadir ke acara pertemuan.

Publik speaker yang handal tahu bahwa pasti ada audiensi pendengar yang ogah-ogahan, antara mau tidak mau, dan harus hadir walaupun enggan. Ciri audiensi pendengar yang ogah-ogahan diantaranya adalah duduk dengan posisi bersandar, melipat tangan, dan mungkin menyilangkan kaki. Postur tubuhnya tampak lelah, malas, dan tidak menunjukkan antuasiasme sama sekali.

Kabar baiknya adalah kelompok audiensi pendengar yang ogah-ogahan ini masih mau membuka diri. Kelompok audiensi pendengar yang ogah-ogahan masih bersedia mengamati keadaan sekeliling dengan baik. Kelompok audiensi pendengar yang wait and see. Jika publik speaker berhasil menyampaikan materi presntasi dengan antusias, maka kelompok ini akan menjadi bergairah dan bersemangat. Sebaliknya, jika publik speaker tidak mampu menyajikan performa yang menarik, kelompok ini akan tampak resah, gelisah dan enggan berada di dalam ruangan pertemuan.

cara identifikasi audiensi pendengar agar tampil presentasi memukau
cara identifikasi audiensi pendengar agar tampil presentasi memukau

Cara identifikasi audiensi pendengar-audiensi pendengar yang bersikap melawan

Publik speaker yang handal tahu bahwa dia bukanlah superior yang mampu memuaskan semua audiensi pendengar. Fakta menunjukkan bahwa tidak ada seorang pun, bahkan orator dunia dan motivator top dunia sekalipun, yang mampu memberikan presentasi yang memuaskan semua audiensi pendengar.

Tetapi, publik speaker yang handal tahu bagaimana caranya menangani audiensi pendengar yang bersikap memusuhi dan melawan. Salah satu cara paling efektif adalah dengan melakukan identifikasi sejak awal, sebelum acara pertemuan diselenggarakan.

Pastikan bahwa anda tahu siapa audiensi yang akan hadir. Pastikan bahwa anda paham dengan latar belakang pendidikan, pandangan politik, dan perspekstif mayoritas audiensi pendengar. Pastikan bahwa anda memahami siapa tokoh paling berpengaruh, paling di dengar, dan paling dihormati diantara audiensi yang hadir.

cara identifikasi audiensi pendengar akrostik
cara identifikasi audiensi pendengar akrostik

Cara yang paling baik untuk mengurangi pengaruh audiensi pendengar yang bersikap memusuhi dan melawan adalah dengan membangun hubungan yang baik dengan mereka. Sampaikan apresiasi anda atas pandangan mereka, sampaikan penghargaan anda atas kehadiran mereka, sampaikan rasa hormat anda atas pencapaian mereka.

Bila memungkinkan, jabat tangan mereka dengan erat. Tatap mata mereka dengan lembut. Tunjukkan kerendahan hati anda ketika mereka sedang menyatakan keberatan, perlawanan, dan permusuhan. Nyatakan dengan jelas bahwa anda tidak mungkin memuaskan semua pihak dengan sama baiknya. Nyatakan kepada seluruh audiensi pendengar bahwa tidak semua hal bisa diselesaikan dengan cara anda, tetapi bisa jadi ada solusi lain yang juga efektif.

cara identifikasi audiensi pendengar saat berbicara di depan umum
cara identifikasi audiensi pendengar saat berbicara di depan umum

Tips Public Speaking- Cara identifikasi audiensi pendengar

Publik speaker yang handal akan memberikan perlakuan yang istimewa kepada semua audiensi pendengar. Publik speaker yang handal mampu memberikan jawaban yang melegakan audiensi pendengar, tanpa harus memuaskan semua pihak. Publik speaker yang handal adalah pembicara publik yang mampu menjalin hubungan yang akrab dan membangun dengan audiensi pendengar.

Publik speaker yang handal adalah pembicara publik yang mampu mempersiapkan diri dengan baik. Publik speaker yang ahndal adalah pembicara publik yang tahu menangani perlawanan tanpa menyakiti, merendahkan, dan melukai pihak lain. Publik speaker yang handal adalah pembicara publik yang tahu cara identifikasi audiensi pendengar sehingga tampil maksimal dengan performa, penampilan dan presentasi yang efektif. (Bertinus Sijabat-www.jurubicara.com)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*