Cara Menyampaikan Pidato Yang Hebat

cara menyampaikan pidato yang hebat di depan audiensi pendengar
cara menyampaikan pidato yang hebat di depan audiensi pendengar

Jurubicara.com-Yogyakarta. Cara Menyampaikan pidato yang hebat adalah proses penyampaikan materi presentasi yang paling efektif. Dengan cara penyampaian yang baik ini, maka audiensi pendengar dan publik speaker akan sama-sama memperoleh keuntungan. Audiensi akan memperoleh manfaat ilmu, menikmati antusiasme dan bertindak dengan aksi nyata. Sementara, sang publik speaker akan memperoleh feedback positif, apresiasi dan  prestasi yang lebih baik.

Publik speaker yang hanya sekedar mampu menyampaikan materi presentasi dengan baik, belum tentu adalah publik speaker yang handal. Tetapi, publik speaker yang handal tidak hanya sekedar mampu menyajikan presentasi dengan baik, namun juga mampu menggerakkan audiensi pendengar untuk bertindak!

Cara Menyampaikan pidato yang hebat di depan publik
Cara Menyampaikan pidato yang hebat di depan publik

Cara Menyampaikan pidato yang hebat

Menurut Richard Heller, di dalam buku ”High Impact Speeches” ,pidato yang hebat bukan hanya pidato yang disusun dengan baik, ditulis dengan baik dan disampaikan dengan baik. Tetapi, menurut Richard Heller, pidato yang hebat adalah pidato yang membangun jembatan pribadi antara audiensi pendengar dan publik speaker.

Dalam artikel public speaking ini, kita akan belajar bersama tentang cara menyampaikan pidato yang hebat. Menurut hemat saya, setidaknya diperlukan tiga hal untuk mampu menyampaikan pidato yang hebat. Pertama, kemamampuan membangun hubungan dengan audiensi pendengar. Kedua, kemampuan membangun perspektif yang sama. Ketiga, kemampuan untuk membangun aksi tindakan nyata.

Cara Menyampaikan pidato yang hebat di depan umum
Cara Menyampaikan pidato yang hebat di depan umum

Cara Menyampaikan pidato yang hebat-Membangun Hubungan Dengan Audiensi Pendengar

Pembukaan pidato yang baik, isi pidato yang baik, dan penutup pidato yang baik, tidak serta merta menjamin kesuksesan pidato anda di hadapan audiensi pendengar.  Ketika audiensi pendengar merasakan jarak, keterpisahan, dan ketiadaan hubungan dengan anda sebagai publik speaker, maka presentasi efektif tidak tercapai.

Kemampuan untuk membangun hubungan yang akrab, bersahabat dan tanpa jarak dengan audiensi pendengar adalah salah satu faktor penting yang mendukung keberhasilan pidato. Keterampilan mengembangkan hubungan yang tanpa sekat, tanpa ego, dan tanpa syarat adalah kemampuan yang mutlak dimiliki oleh seorang publik speaker yang handal.

Jadi, publik speaker yang mampu membangun hubungan kemitraan dengan audiensi pendengar cenderung akan lebih berhasil membujuk dan meyakinkan audiensi pendengar. Dan ketika audiensi pendengar memihak anda dan dipihak anda, maka tujuan presentasi akan lebih mudah dicapai.

Cara Menyampaikan pidato yang hebat ala bill clinton
Cara Menyampaikan pidato yang hebat ala bill clinton

Cara Menyampaikan pidato yang hebat-Membangun Perspektif Yang Sama

Publik speaker yang handal harus mampu memahami sudut pandang atau perspekstif dari audiensi pendengar. Dengan kemampuan ini, maka sang publik speaker akan lebih mudah untuk membangun perspektif bersama  yang lebih baik.

Ketika sang publik speaker mampu membangun perspektif audiensi pendengar sesuai dengan perspektifnya, maka tujuan presentasi akan lebih mudah diraih. Mengapa? Audiensi pendengar akan lebih terbuka, lebih mempercayai dan  lebih mendengar. Pada tahap inilah tercipta perspektif bersama yang dahsyat. Dan semua ini hanya dapat dicapai tatkala publik speaker berhasil membangun hubungan yang kuat dengan audiensi pendengar.

cara menyampaikan pidato yang hebat di depan audiensi pendengar
cara menyampaikan pidato yang hebat di depan audiensi pendengar

Cara Menyampaikan pidato yang hebat-Membangun Aksi Tindakan Nyata

Jangan biarkan audiensi pendengar hanya memperoleh pengetahuan yang baru. Jangan biarkan audiensi pendengar hanya sekedar bertambah resep pengetahuan yang baik. Jangan biarkan audiensi pendengar hanya menikmati perspektif yang baru.

Tentu, pengetahuan yang baik itu penting. Benar, pengetahuan yang membangun itu perlu. Setuju, pengetahuan yang mencerahkan itu urgen. Tetapi, pengetahuan tanpa tindakan nyata sama saja dengan tanpa perubahan. Pengetahuan tanpa tindakan nyata sama saja dengan yang tidak mengetahui. Perbedaan siginifikan hanya dapat diperoleh melalui tindakan aksi yang nyata!

Pada tahap krusial inilah banyak publik speaker yang gagal. Mengapa? Karena berhenti pada tahap membangun hubungan dan membangun perspektif saja, tetapi tidak menggugah audiensi pendengar untuk berani melakukan perubahan, perbaikan, dan pembaharuan, sekarang!

Cara Menyampaikan pidato yang hebat.
Cara Menyampaikan pidato yang hebat.

Tips Public Speaking- Cara Menyampaikan pidato yang hebat

Pidato yang hebat adalah pidato yang memberikan hasil yang signifikan. Pidato yang hebat adalah pidato yang berhasil membujuk audiensi pendengar. Pidato yang hebat adalah pidato yang meningkatkan karir anda sebagai pembicara. Dan Pidato yang hebat adalah pidato yang mnghasilkan undangan berulang dan berkali-kali.

Publik speaker yang handal adalah pembicara publik yang berani menginspirasi, memotivasi, dan menggugah audiensi pendengar untuk bertindak. Publik speaker yang handal adalah pembicara publik yang berani memberikan batas waktu perubahan pada audiensi pendengar. Publik speaker yang handal adalah pembicara publik yang berani menantang audiensi pendengar untuk berubah! Andakah salah satu pembicara publik yang handal itu? (Bertinus Sijabat-www.jurubicara.com)

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*