Syarat Menjadi Publik Speaker Handal

syarat menjadi publik speaker handal
syarat menjadi publik speaker handal

Jurubicara.com-Yogyakarta. Syarat menjadi publik speaker handal adalah kualifikasi tertentu yang sebaiknya dikuasai oleh seorang pembicara seminar. Syarat menjadi publik speaker handal tentu mencakup kompetensi, sikap mental, dan pengalaman yang mumpuni. Dengan keahlian yang baik ini, maka potensi sukses menjadi seorang publik speaker handal akan semakin besar pula.

Menurut saya, syarat menjadi seorang publik speaker handal ini akan diuji melalui berbagai situasi lapangan, kompetisi dengan pesaing, dan kemampuan untuk menciptakan networking yang baik. Jadi, kualifikasi diatas kertas, sehebat apapun, tidak akan terlalu berarti bila tidak teruji melalui kualifikasi praktek yang sudah teruji dan terbukti.

syarat menjadi publik speaker handal berani Tampil Berbicara Di Depan Umum
syarat menjadi publik speaker handal berani Tampil Berbicara Di Depan Umum

Syarat Menjadi Publik Speaker Handal-Kenali Diri Anda Sendiri

Publik speaker yang handal adalah seorang pembicara seminar yang memahami dengan baik tentang dirinya sendiri. Dalam hal ini, sang pembicara seminar harus tahu kelebihan dan kekurangan yang dimilikinya. Kelebihan di dalam hal kompetensi, sikap mental, dan pengalaman tentu akan menjadi nilai tambah yang positif. Sebaliknya, kekurangan, kelemahan, dan berbagai faktor yang menurunkan nilai tambah harus diminimalisir sebaik mungkin.

Publik speaker yang handal adalah pembicara publik profesional yang memiliki kemampuan khusus di bidang keahlian khusus pula. Dia hanya akan berbicara sesuai dengan kompetensi, keahlian, dan kemampuan yang dikuasainya dengan sangat baik. Hal ini berarti, seorang publik speaker yang baik hanya akan menerima undangan menjadi pembicara seminar bila sesuai dengan kompetensinya.

syarat menjadi publik speaker handal ketahui audiensi pendengar
syarat menjadi publik speaker handal ketahui audiensi pendengar

Syarat Menjadi Publik Speaker Handal- Kenali Audiens Anda Sendiri

Seorang publik speaker yang handal tidak hanya taktis ketika sedang tampil berbicara di depan umum. Lebih daripada itu, publik speaker yang handal adalah seorang pembicara seminar yang mengetahui dengan jelas mengenai siapa audiensi pendengar dengan baik.

Pengenalan mengenai siapa saja audiens yang hadir memang sebaiknya dipahami secara mendetail. Namun, bila tidak memungkinkan, maka akan sangat baik apabila mengetahui siapa saja audiens yang berpengaruh selama materi presentasi disampaikan.

Caranya? Hadirlah di lokasi acara sebelum jadwal acara presentasi anda di mulai. Cari informasi mengenai siapa saja pembicara yang tampil selain anda dan materi presentasi apa yang disampaikannya.Carilah informasi mengenai siapa tuan rumah penyelenggara acara, dalam rangka apa acara dilakukan, dan tujuan acara diselenggarakan. Hal yang tidak boleh diabaikan juga adalah siapa saja audiens yang hadir di dalam acara dan tujuan acara pertemuan diselenggarakan.

 syarat menjadi publik speaker handal
syarat menjadi publik speaker handal

Syarat Menjadi Publik Speaker Handal- Kuasai Materi Presentasi Anda

Publik speaker yang handal adalah pembicara seminar yang menguasai materi presentasi yang disampaikannya dengan baik. Pemahaman atas materi presentasi, pemahaman atas kemungkinan pertanyaan yang diajukan, dan pernyataan yang sesuai harus dirancang sedemikian rupa sehingga menciptakan kesan yang mendalam bagi audiensi pendengar.

Materi presentasi yang baik adalah materi presentasi yang sederhana, mudah dipahami, dan mudah diaplikasikan dengan baik. Hindarkan istilah atau kata-kata yang sulit anda lafalkan atau sulit dipahami oleh audiensi pendengar. Hindari memberikan materi presentasi yang berpotensi menjadi bahan perdebatan yang merusak suasana pembelajaran. Hindari memberikan materi presentasi yang kurang anda pahami, tidak sesuai dengan kompetensi, dan dapat mengurangi kepercayaan publik terhadap anda.

Syarat Menjadi Publik Speaker Handal Kenali Diri Sendiri
Syarat Menjadi Publik Speaker Handal Kenali Diri Sendiri

Tips Public Speaking- Syarat Menjadi Publik Speaker Handal

Syarat menjadi publik speaker handal sebenarnya sangat sederhana dan simpel. Jadilah seorang pembicara seminar yang memenuhi kualifikasi: kenali diri sendiri, kenali audiensi pendengar, dan kuasai materi presentasi. Tentu, seorang publik speaker yang handal dapat memenuhi syarat ini, bukan?

Hanya saja, untuk dapat memenuhi syarat ini, tidak dapat dilakukan secara instan. Seorang publik speaker yang handal terbentuk melalui prosesi gagal, jatuh-bangun, dan prosesi waktu. Tetapi, jika tampil berbicara di depan umum sangat menggairahkan bagi anda, maka semakin tinggi jam terbang berbicara di depan umum,  akan semakin baik performa anda di hadapan publik. (Bertinus Sijabat-www.jurubicara.com)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*