Menjadi Pembicara Publik Yang Percaya Diri

menjadi pembicara publik yang percaya diri tips public speaking
menjadi pembicara publik yang percaya diri tips public speaking

Jurubicara.com-Yogyakarta. Menjadi pembicara publik yang percaya diri itu adalah sebuah kemustahilan tanpa rasa percaya diri. Dengan kata lain, rasa percaya diri adalah salah satu elemen penting dalam menampilkan presentasi efektif di depan publik. Dengan tingkat percaya diri yang baik, maka peluang keberhasilan di dalam karir akan semakin besar. Sebaliknya, tingkat percaya diri yang rendah akan menurunkan peluang keberhasilan di dalam karir dan kehidupan.

Coba perhatikan semua pembicara profesional yang berhasil, adakah diantara mereka yang tampil tidak percaya diri, tidak bergairah, dan tidak memancarkan antusiasme? Secara terang benderang, jelas, dan tegas, kita dapat menyatakan bahwa semua pembicara profesional yang efektif pasti memiliki rasa percaya diri yang tinggi!

menjadi pembicara publik yang percaya diri
menjadi pembicara publik yang percaya diri

Menjadi Pembicara Publik Yang Percaya Diri

Berbicara akrab dengan keluarga, saudara, dan sahabat adalah sebuah pengalaman sehari-hari yang lumrah kita lakukan. Setiap orang yang sehat, waras, dan normal, pasti membangun keakraban dengan orang-orang terdekat. Namun, berbicara akrab dengan orang lain yang baru kita kenal, tentu bukanlah suatu hal yang dapat dilakukan oleh semua orang, bukan?

Salah satu defenisi kata percaya diri adalah “bercakap-cakap dengan akrab dengan”. Sungguh sebuah pengertian yang sangat menarik bukan? Hal ini berarti bahwa ketika kita sedang berbicara akrab dengan orang lain, siapapun itu, maka pada saat yang sama kita sedang menampilkan tingkat percaya diri yang sesungguhnya.

menjadi pembicara publik yang percaya diri seperti obama
menjadi pembicara publik yang percaya diri seperti obama

Pertanyaan yang kemudian muncul ke permukaan adalah: apakah tingkat percaya diri ini juga anda tampilkan ketika berbicara di depan umum? Maksud saya adalah apakah anda berbicara dengan akrab dengan audiensi pendengar anda?

Pembicara publik yang tidak berbicara dengan akrab dengan audiensi pendengar bukanlah pembicara yang percaya diri. Sebaliknya, pembicara publik yang berbicara akrab dengan audiensi pendengar ketika tampil berbicara di depan umum adalah pembicara efektif dengan tingkat percaya diri yang tinggi.

menjadi pembicara publik yang percaya diri tips public speaking praktis
menjadi pembicara publik yang percaya diri tips public speaking praktis

Cara Menjadi Pembicara Publik Yang Percaya Diri

Menjadi pembicara publik yang tampil percaya diri adalah impian, hasrat, dan tujuan semua pembicara profesional. Tetapi, harus diakui, bahwa untuk menjadi pembicara publik yang percaya diri, tidaklah semudah membalik telapak tangan. Percaya diri adalah sebuah proses pembelajaran yang berkesinambungan, terus-menerus, sampai seumur hidup!

Mengembangkan Self Talk Positif

Jadi, agar bisa menjadi pembicara publik yang percaya diri maka anda harus mengembangkan keakraban dengan diri sendiri, sahabat, dan audiensi pendengar anda. Berbicara dengan akrab dengan diri sendiri adalah jenis percakapan paling efektif di dunia. Self talk adalah komunikasi paling dahsyat yang dilakukan oleh setiap orang setiap saat selama hidup. Self talk positif atau berbicara kepada diri sendiri yang baik adalah berbicara dengan akrab dengan semangat membangun, memberdayakan dan memampukan.

menjadi pembicara publik yang percaya diri tips public speaking
menjadi pembicara publik yang percaya diri tips public speaking

Mengembangkan Hubungan Positif Dengan sesama

Berbicara dengan akrab dengan sesama adalah cara membangun hubungan yang positif. Dengan cara ini, kita menjadi lebih paham akan orang lain, lebih paham dengan diri sendiri, dan lebih paham tentang dunia sekitar kita.

Kebiasaan berbicara dengan akrab dengan sesama ini juga akan menjadi sebuah kekuatan yang membangun relasi bisnis. Dengan mengembangkan semangat mengembangan hubungan positif ini, maka pengetahuan, pengalaman dan pemahaman kita akan semakin komprehensif.

Mengembangkan Dialog Interaktif Dengan Audiensi Pendengar

Pembicara publik yang percaya diri adalah pembicara profesional yang mampu mengembangkan dialog terbuka, saling tukar gagasan, dan masukan dengan audiensi pendengar. Dengan kekuatan membuka diri ini, maka audiensi pendengar akan mendapatkan pengakuan, penerimaan, dan penghargaan yang baik.

menjadi pembicara publik yang percaya diri tampil berani berbicara di depan umum
menjadi pembicara publik yang percaya diri tampil berani berbicara di depan umum

Tips Public Speaking – Cara Menjadi Pembicara Publik Yang Percaya Diri

Anda bisa menjadi pembicara publik yang percaya diri. Caranya? Kembangkan kebiasaan self talk positif, kembangkan kebiasaan membangun hubungan yang positif, dan kembangkan kebiasaan dialog interaktif dengan audiensi pendengar anda.

Percaya diri adalah berbicara akrab dengan diri sendiri, dengan orang lain, dan dengan audiensi pendengaran. Percaya diri juga dapat dipahami sebagai berbicara dengan akrab dengan Tuhan. Jadi, pembicara publik yang percaya diri adalah pembicara yang mau dan mampu berbicara akrab dengan pihak lain! Sudahkah anda menjadi pembicara publik yang percaya diri? (Bertinus Sijabat-www.jurubicara.com)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*