Dosa Terbesar Pembicara Publik Profesional

dosa terbesar pembicara publik profesional audiensi pendengar mengantuk
dosa terbesar pembicara publik profesional audiensi pendengar mengantuk

Jurubicara.com-Yogyakarta. Dosa terbesar Pembicara Publik Profesional adalah berbicara mengenai efektifitas dan efisiensi materi presentasi di dalam sebuah presentasi. Efektif atau tidaknya sebuah presentasi adalah tanggungjawab sepenuhnya dari seorang pembicara publik profesional. Efisien tidaknya sebuah presentasi juga berada di dalam pengendalian seorang pembicara publik profesional.

Jika seorang pembicara publik profesional berhasil menyampaikan materi presentasi dengan efektif dan efisien, maka hal itu adalah sebuah persembahan yang mulia. Sebaliknya, jika sang pembicara publik profesional gagal dalam menyampaikan materi presentasi dengan efektif dan efisien, maka dalam hal inilah seorang pembicara publik sudah melakukan dosa terbesar.

dosa terbesar pembicara publik profesional
dosa terbesar pembicara publik profesional

Dosa Terbesar Pembicara Publik Profesional – Parameter Sederhana

Cara paling sederhana untuk menguji efektifitas dan efisiensi sebuah presentasi yang berhasil sebenarnya sangat mudah.  Cukup hanya dengan memperhatikan situasi, respon, dan tanggapan audiensi pendengar, maka kita akan tahu tentang presentasi yang efektif atau tidak.

Caranya? Perhatikan apakah audiensi pendengar tampak  mengantuk, gelisah, dan tidak ada pertanyaan sama sekali. Ketika hampir semua audiensi pendengar tampak sibuk menulis, saling melihat satu sama lain, dan mayoritas duduk dengan kepala tertunduk ke bawah. Ketika mayoritas audiensi pendengar tampak acuh tak acuh, menguap, dan mulai tidak tenang di tempat duduknya.Jika kondisi ini yang terjadi ketika anda sedang menyampaikan presentasi, maka anda sudah melakukan dosa terbesar pembicara publik profesional!

Harry Holliday, CEO Armco Steel, dengan jitu menyatakan perspektifnya tentang dosa terbesar pembicara publik profesional. Menurut Harry Holliday,”Dosa terbesar dalam dunia bisnis adalah membuat bosan.” Nah, bagaimana menurut anda? Pernahkah anda menyampaikan presentasi yang membosankan, membuat jenuh, dan membuat audiensi pendengar menjadi sangat tidak tertarik?

dosa terbesar pembicara publik profesional audiensi pendengar mengantuk
dosa terbesar pembicara publik profesional audiensi pendengar mengantuk

Dosa Terbesar Pembicara Publik Profesional – Parameter Perubahan

Dosa terbesar pembicara publik profesional juga dapat diketahui dari ada tidaknya sebuah perubahan perilaku, perubahan hasil, dan perubahan sikap dari audiensi pendengar setelah menerima materi presentasi yang disampaikan. Jika hampir semua audiensi pendengar tidak memperoleh manfaat positif dari materi presentasi yang anda sampaikan, maka sudah pasti anda sudah melakukan dosa terbesar pembicara publik profesional. Dengan kata lain, anda telah gagal menghasilkan sebuah perbedaan antara sebelum dan sesudah presentasi.

Parameter perubahan ini dapat diketahui dari seberapa besarnya materi presentasi yang dapat diserap dan dipahami dengan baik oleh audiensi pendengar. Ketika hampir semua audiensi pendengar hanya merasa menghabiskan waktu sia-sia, sekedar buang-buang tenaga, dan merasa tidak memperoleh manfaat dari kehadiran anda, maka anda telah gagal mengemban tugas mulia untuk menghasilkan perbedaan yang signifikan.

dosa terbesar pembicara publik profesional audiensi pendengar bosan
dosa terbesar pembicara publik profesional audiensi pendengar bosan

Dosa terbesar Pembicara Publik Profesional- Parameter Pertumbuhan

Pertumbuhan yang positif adalah pertumbuhan ke dalam dan pertumbuhan ke luar. Ketika materi presentasi berhasil disampaikan secara efektif, maka pasti anda telah menghidupi materi presentasi anda dengan baik. Dengan bahasa sederhana, anda sudah berhasil membuat suasana ruangan menjadi hidup, bergairah, dan benar-benar berubah!

Sebagai seorang pembicara publik profesional,anda akan menikmati dampak dari keberhasilan presentasi. Wujudnya? Undangan presentasi akan terus-menerus hadir, antri, dan melimpah bagi anda. Kondisi ideal ini dapat terjadi karena audiensi pendengar sudah memperoleh manfaat yang signifikan dari efektifitas dan efisiensi presentasi anda. Jadi, anda mengalami pertumbuhan dan audiensi pendengar juga mengalami pertumbuhan yang signifikan pula.

dosa terbesar pembicara publik profesional audiensi bosan
dosa terbesar pembicara publik profesional audiensi bosan

Dosa Terbesar Pembicara Publik Profesional

Pertanyaan yang kemudian muncul kepermukaan adalah apakah anda sudah berhasil mengemban tugas mulia sebagai seorang pembicara publik profesional? Atau apakah anda sudah berulangkali melakukan dosa terbesar pembicara publik profesional?

Jika anda berulangkali melakukan kesalahan dengan membuat bosan, jenuh, dan mengantuk para audiensi pendengar, maka segeralah melakukan penyesuaian diri! Namun, jika anda sudah berhasil menyampaikan presentasi efektif yang bermanfaat, maka janganlah berpuas diri. Pembicara publik profesional adalah pembelajar sejati, jadi teruslah bertumbuh ke tingkat yang lebih baik. Ya, bertumbuhlah senantiasa setiap kali dan setiap hari! (Bertinus Sijabat-www.jurubicara.com)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*