Mengenal Format Presentasi Cara Berbicara di Depan Umum

format presentasi cara berbicara di depan umum-
format presentasi cara berbicara di depan umum-

Jurubicara.com-Yogyakarta. Mengenal format presentasi cara berbicara di depan umum adalah sebuah keharusan mutlak yang harus diketahui oleh pembicara publik profesional. Format presentasi adalah bagaimana cara sebuah presentasi ditampilkan di depan publik. Format presentasi  cara berbicara di depan umum adalah sebuah pendekatan yang lazim digunakan oleh pembicara publik untuk memantapkan performa penampilan di depan umum.

Format presentasi yang digunakan tentu bersifat situasional, sesuai dengan kondisi yang terjadi, dan   kesiapan dari pembicara publik itu sendiri. Format presentasi juga dipengaruhi oleh kebutuhan, waktu persiapan, dan tempat acara di laksanakan.

format presentasi cara berbicara di depan umum
format presentasi cara berbicara di depan umum

Format Presentasi Cara Berbicara Di depan umum

Materi presentasi efektif adalah bahan presentasi yang dipersiapkan secara matang, dalam waktu yang cukup, dan sesuai dengan tujuan presentasi. Materi presentasi efektif ini biasanya sudah disepakati sebelumnya antara pembicara dan panitia penyelenggara acara. Dengan kondisi ideal seperti ini, tentu, sang pembicara akan lebih mampu mengolah materi presentasi secara lebih baik.

Akan tetapi, seringkali presentasi harus disampaikan dalam kondisi tidak ideal. Bisa jadi, waktu persiapan sangat singkat atau mepet, penunjukan pembicara terjadi secara dadakan, dan materi presentasi yang diminta oleh panitia penyelenggara tidak dikuasai sepenuhnya oleh sang pembicara. Dalam kondisi tidak ideal seperti ini, mau tidak mau, sang pembicara publik harus mampu melakukan penyesuaian diri secaraa tepat dan cepat.

format presentasi cara berbicara di depan umum-
format presentasi cara berbicara di depan umum-

4 Format Presentasi Cara berbicara di depan umum

Cara berbicara di depan umum dapat dibagi menjadi 4 format presentasi. Adapun format presentasi cara berbicara di depan umum adalah presentasi impromptu, presentasi extemporanous, presentasi manuskrip, dan presentasi memorized. Setiap format presentasi ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Kemampuan seorang pembicara publik dalam mengeksplorasi semua format presentasi ini akan memberikan warna di dalam penampilannya di depan publik.

Format Presentasi Cara Berbicara Di Depan Umum-Impromtu

Pembicara publik dengan format presentasi impromptu harus memiliki pengetahuan yang luas dan mumpuni mengenai subjek materi presentasi yang disampaikannya. Dalam format presentasi ini, sang pembicara hanya menampilkan poin-poin utama di dalam materi presentasi yang disajikannya. Sang pembicara tidak menampilkan materi presentasi secara detail, tetapi hanya berdasarkan garis besar utama dari materi presentasi saja.

Ketika tampil dengan format presentasi impromtu, sang pembicara sudah siap untuk mendapatkan feedback, masukan, dan pertanyaan yang disampaikan oleh audiens. Sang pembicara juga membuka ruang komunikasi terbuka, dialog interaktif, dan sesi tanya jawab. Dalam situasi ini, sang pembicara menciptakan pola hubungan komunikasi yang kaya respon, reaksi dan respek satu-sama lain.

format presentasi cara berbicara di depan umum extemporanous
format presentasi cara berbicara di depan umum extemporanous

Format Presentasi Cara Berbicara Di Depan Umum-Extemporanous

Sang pembicara yang tampil dengan format presentasi extemporanous harus memiliki pengetahuan yang medalam, pengalaman yang mumpuni, dan persiapan yang sangat matang. Pada konteks ini, sang pembicara publik harus mampu menampilkan materi presentasi secara sangat simpel, singkat, dan pendek. Sementara, audiens pendengar diberikan salinan  bahan materi yang kaya, luas dan padat.

Format presentasi extemporanous sangat cocok diterapkan dalam presentasi bisnis penjualan, presentasi dengan klien, dan dalam negosiasi. Dengan pengertian ini, sang pembicara publik menguasai materi dengan sangat baik. Untuk dapat menampilkan format presentasi extemporanous dengan baik, maka sang pembicara harus memahami, mengerti, dan tahu subjek yang dibicarakannya.

format presentasi cara berbicara di depan umum manuskrip
format presentasi cara berbicara di depan umum manuskrip

Format Presentasi Cara Berbicara Di Depan Umum-Manuskrip

Format presentasi manuskrip adalah cara berbicara di depan umum dengan membacakan materi presentasi sesuai dengan manuskrip yang sudah disediakan. Dalam hal ini berarti, materi presentasi yang disampaikan dibaca kata demi kata, kalimat demi kalimat, dan alinea demi alinea.

Format presentasi manuskrip sangat direkomendasikan ketika sedang menyampaikan keputusan penting dan genting. Dengan manuskrip yang tertulis, maka sang pembicara dapat memastikan bahwa berita atau pesan yang disampaikannya benar-benar sesuai dengan apa yang tertulis.

Harus diakui, bahwa format presentasi manuskrip cenderung kaku, formal, dan resmi. Ketika sang pembicara sedang berbicara membacakan manuskrip, hampir dapat dipastikan bahwa tidak ada dialog dan pertanyaan dari audiens pendengar.

Sebagian materi presentasi manuskrip ditulis oleh juru bicara profesional. Sebagian lain, ditulis oleh sang pembicara sendiri. Sebagian lagi, ditulis oleh notulensi rapat. Perbedaan antara orang yang menulis dan yang membawakan presentasi inilah yang membuat presentasi manuskrip cenderung datar dan kurang hidup.

format presentasi cara berbicara di depan umum memorized
format presentasi cara berbicara di depan umum memorized

Format Presentasi Cara Berbicara Di Depan Umum-Memorized

Sesuai dengan namanya, presentasi memorized adalah presentasi yang disampaikan dengan cara mengingat bahan materi presentasi dengan baik. Biasanya, pembicara publik yang berbicara di depan umum dengan materi presentasi yang sama, memiliki kelebihan ini. Sang pembicara menjadi sangat paham, sangat hapal, dan sangat menguasai materi presentasi dengan baik.

Pembicara publik yang selalu menampilkan materi presentasi yang berbeda di dalam setiap penampilannya, sebaiknya tidak berbicara di depan umum dengan format presentasi memorized. Apalagi bagi pembicara pemula, format presentasi memorized sangat-sangat tidak direkomendasikan. Sebaliknya, pembicara publik yang sudah berulangkali dan berkal-kali menyajikan materi presentasi yang sama, tentu mampu menyampaikan presentasi memorized.

format presentasi cara berbicara di depan umum tips public speaking
format presentasi cara berbicara di depan umum tips public speaking

Tips Public Speaking – Format Presentasi Cara Berbicara Di depan umum

Tips public speaking adalah cara-cara berbicara di depan umum yang sudah teruji dan terbukti efektif. Tips public speaking yang terbaik adalah cara berbicara di depan umum yang paling sesuai dengan kemampuan, kebutuhan, dan kondisi lapangan yang ada. Pilihlah format presentasi yang paling sesuai, cocok, dan tepat bagi anda! (Bertinus Sijabat-www.jurubicara.com)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*