Tiga Gaya Presentasi Pembicara Publik

tiga gaya presentasi pembicara publik
tiga gaya presentasi pembicara publik

Jurubicara.com-Yogyakarta. Setiap kali berbicara di depan publik, setiap pembicara publik berbicara dengan ciri khas masing-masing. Namun, sebenarnya hanya ada tiga gaya presentasi pembicara publik yang ditampilkan oleh setiap pembicara. Jadi, tanpa memandang siapa pembicaranya, dimana tempat berbicara, kapan waktu berbicara, dan materi presentasi apa yang disampaikannya, maka hanya tiga gaya presentasi pembicara publik yang muncul ke permukaan.

Meskipun setiap pembicara publik memiliki gaya presentasi yang berbeda satu sama lain. Walaupun setiap pembicara publik memiliki latar belakang yang tidak sama satu sama lain. Jikapun setiap pembicara publik memiliki pendidikan yang tidak identik satu sama lain. Tetapi,  gaya presentasi dari pembicara publik dapat dibagi menjadi tiga gaya presentasi.

tiga gaya presentasi pembicara publik
tiga gaya presentasi pembicara publik

Tiga Gaya Presentasi Pembicara Publik Profesional

Pembicara publik profesional yang berpengalaman mampu mengkombinasikan gaya presentasi dengan sangat elegan.  Namun, ada pembicara publik yang sangat cerdas dalam menggunakan satu gaya presentasi. Jam terbang, pengalaman presentasi, dan audiens pendengar menjadi unsur penting yang tentu saja turut mempengaruhi performa sang pembicara publik.

Tiga gaya presentasi pembicara publik ini adalah gaya presentasi seremonial, informatif, dan persuasif. Tampaknya, anda sangat familier dengan tiga gaya presentasi pembicara publik ini, bukan? Bahkan, bisa jadi bahwa anda juga sudah sering menerapkan salah satu, salah dua, dan bisa jadi malah tiga gaya presentasi ini.

tiga gaya presentasi pembicara publik presentasi seremonial
tiga gaya presentasi pembicara publik presentasi seremonial

Gaya presentasi Seremonial

Cara menyampaikan materi presentasi dengan gaya yang formal dan resmi. Gaya presentasi formal sangat baik untuk acara-acara resmi yang diikat dengan tata cara protokoler yang ketat. Seorang pembawa acara atau  Master of Ceremony dalam acara resmi misalnya, dia harus berbicara secara formal sesuai dengan tatakrama yang lazim.

Gaya presentasi seremonial cenderung kaku, formal, dan baku. Gaya presentasi seremonial ini biasanya dilakukan dalam pertemuan kenegaraan, pidato perpisahan, dan pidato penyambutan pimpinan lembaga. Tata bahasa yang dipergunakan dalam presentasi seremonial adalah bahasa yang formal.

tiga gaya presentasi pembicara publik berbicara informatif
tiga gaya presentasi pembicara publik berbicara informatif

Gaya Presentasi Informatif

Pembicara publik profesional yang berbicara dengan gaya presentasi informatif berbicara dengan tujuan untuk memberikan informasi kepada audiens pendengar. Informasi yang disampaikan ini sesuai dengan kebijakan instansi yang diwakilinya.

Agar informasi tidak bias dan akurat, biasanya pembicara publik harus terpaku pada script atau catatan yang tertulis. Hal ini penting, supaya informasi yang diterima oleh publik benar-benar sesuai dengan informasi yang dibagikan oleh juru bicara instansi.

Contoh pembicara publik dengan gaya presentasi informatif adalah juru bicara instansi pemerintah maupun swasta. Tatkala sang juru bicara berbicara mengenai kebijakan, keputusan, dan pengumuman resmi, maka informasi yang disampaikan harus sesuai dengan keputusan tertulis.

tiga gaya presentasi pembicara publik gaya berbicara persuasif
tiga gaya presentasi pembicara publik gaya berbicara persuasif

Gaya presentasi persuasif

Pembicara publik yang berbicara dengan gaya bicara persuasif adalah pembicara yang tampil untuk meyakinkan, menggerakkan, dan menggugah audiens pendengar untuk bertindak sesuai dengan apa yang dibicarakan oleh sang pembicara. Pada konteks ini, pembicara publik profesional adalah pembicara yang mampu membuat audiens pendengar untuk melakukan aksi nyata sebagai reaksi dari informasi yang sudah disampaikannya.

Gaya presentasi persuasif adalah gaya berbicara yang sangat menggairahkan. Dengan kekuatan persuasif, maka sang pembicara publik benar-benar berdampak nyata bagi audiens pendengarnya. Dalam hal ini, pembicara publik ini benar-benar mampu menciptakan sebuah perubahan, perbaikan, dan pembaharuan yang konstruktif.

tips public speaking tiga gaya presentasi pembicara publik
tips public speaking tiga gaya presentasi pembicara publik

Tips Public Speaking – Tiga Gaya Presentasi Pembicara Publik Profesional

Sebagian pembicara publik hanya berbicara di depan umum sekedar untuk menyelesaikan tugas belaka. Pembicara publik ini tidak peduli apakah ada dampak, pengaruh atau perbedaan atas audiens pasca presentasi atau tidak. Sebaliknya, pembicara publik dengan gaya persuasif adalah model pembicara yang menjual gagasan sehingga menjadi tindakan perbuatan. Bagi pembicara persuasif, signifikansi hasil antara sebelum dan sesudah presentasi harus terukur!

Jenis pembicara publik yang manakah anda? Apakah anda tidak mau tahu tentang dampak presentasi anda? Atau, apakah anda adalah pembicara persuasif yang sangat mendampakan adanya hasil yang signifikan pasca presentasi anda?

Bagi saya, pembicara persuasif adalah pembicara yang paling memberikan pengaruh. Para pembicara persuasif berbicara untuk meyakinkan publik sehingga terjadi perubahan, perbaikan, dan pembaharuan di dalam diri para audiens pendengar. (Bertinus Sijabat- www.jurubicara.com)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*