Pembicara Profesional Apalah Arti Sebuah Nama

Pembicara Profeisional Apalah satu sebuah nama
Pembicara Profeisional Apalah satu sebuah nama

Jurubicara.com-Yogyakarta. Pembicara profesional apalah arti sebuah nama adalah sebuah kisah nyata seorang pembicara profesional yang memberikan materi presentasi di dalam sebuah acara pelatihan. Selama presentasi, pembicara profesional ini seakan-akan hanya sedang mendedikasikan presentasi kepada satu orang audiens. Padahal, sebenarnya banyak audiens yang menjadi peserta di dalam ruang pelatihan ini.

Pengalaman unik ini membuat saya tergelitik untuk menuliskan sebuah artikel public speaking dengan judul: Pembicara profesional apalah arti sebuah nama. Mengapa demikian? Karena selama memberikan materi pelatihan, sang pembicara hanya menyebutkan satu orang nama audiens saja, secara berulangkali dan berkali-kali!

Tips Public Speaking Pembicara Profesional
Tips Public Speaking Pembicara Profesional

Pembicara Profesional Apalah Arti sebuah Nama-Hanya Satu Audiens yang Penting

Tentu, penyebutan hanya satu nama yang sama terus-menerus bukanlah sebuah kebetulan belaka. Sang pembicara ingin membangun sebuah hubungan, menjalin persahabatan, dan menciptakan keakraban. Sayangnya, dia gagal melakukan interaksi secara hidup dengan audiens pendengarnya.

Sebagai konsultan public speaking, saya melihat bahwa sang pembicara telah melakukan sebuah kesalahan fatal. Penyebutan nama yang sama untuk setiap ilustrasi, cerita, dan anekdot adalah bentuk ketidak-kreatifan yang mencolok.

Dengan hanya menyebutkan sebuah nama secara terus-menerus menunjukkan bahwa sang pembicara tidak mau repot-repot untuk mengingat beberapa audiens lain. Dengan menyebut hanya sebuah nama saja, mengungkapkan bahwa sang pembicara tidak menjalin komunikasi dengan keseluruhan audiens. Dengan hanya mengulang-ulang satu nama audiens, sang pembicara seakan-akan menjauhkan diri dari semua audiens lain yang hadir di dalam ruangan pelatihan.

tips public speaking pembicara profesional
tips public speaking pembicara profesional

Pembicara Profesional Apalah Arti sebuah Nama-Semua Audiens Penting

Setiap audiens yang mendengarkan presentasi anda adalah orang yang penting. Oleh karena itu, sebagai seorang pembicara profesional, anda juga harus memperlakukan semua audiens sebagai orang yang penting.

Cara paling mudah untuk menjalin hubungan yang akrab dengan audiens adalah dengan menyebut sebanyak mungkin nama audiens yang ada di depan kita. Untuk mewujudkan keakraban ini, maka anda harus berusaha mengetahui nama-nama audiens dengan jelas. Caranya? Lakukan perkenalan sebelum acara, selama acara, atau sesudah sang audiens bertanya atau merespon presentasi anda.

Ketika anda menyebutkan nama audiens dengan benar, maka audiens merasa dihargai, diakui, dan diapresiasi dengan baik. Sebaliknya, ketika anda tidak mau tahu siapa saja nama audiens, maka audiens pendengar merasa kurang dihargai, tidak dihargai atau malah dianggap tidak ada.

Jika sudah seperti ini, maka suasana pembelajaran akan cenderung datar, kurang hidup, dan tidak menarik. Keadaan ini akan membuat suasana pembelajaran seperti berjarak, bersekat, dan berbatas satu sama lain. Padahal, suasana pembelajaran yang efektif adalah pembelajaran yang bersifat dialogis, interaktif, dan saling membangun satu sama lain.

Pembicara Profeisional Apalah satu sebuah nama
Pembicara Profeisional Apalah satu sebuah nama

Tips Public Speaking Pembicara Profesional Apalah arti sebuah nama

Pastikan bahwa anda dapat mengetahui sebagian nama audiens pendengar anda. Untuk tujuan ini, pastikan bahwa anda datang ke lokasi acara lebih cepat daripada yang lain. Strategi lain adalah dengan mencatat nama audiens yang paling senior, paling muda, paling tinggi jabatannya, paling menarik penampilannya, dan paling antusias mendengarkan materi presentasi anda.

Dengan kemampuan mengingat nama audiens dengan baik, maka pembicara profesional apalah arti sebuah nama hanya tinggal istilah yang sudah berlalu. Sebagai pembicara profesional yang handal, maka sebaiknya ingatlah nama audiens sebanyak yang anda bisa ingat. Semakin banyak nama audiens yang dapat anda ingat, anda ucapkan, dan anda sapa, maka akan semakin menarik performa anda di hadapan audiens. (Bertinus Sijabat-jurubicara.com)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*