Cara Menjadi Pembicara Yang Baik Di Depan Umum

cara menjadi pembicara yang baik
cara menjadi pembicara yang baik

Cara Menjadi Pembicara Yang Baik Di Depan Umum-Jurubicara.com. Cara menjadi pembicara yang baik di depan umum adalah cara berbicara yang elegan, kuat, dan penuh dengan apresiasi kepada semua audiens. Penekanan pada pembicara yang baik sangat penting, karena hal ini akan dikontraskan dengan pembicara publik yang tidak baik.

Tulisan mengenai tips public speaking ini lahir dari sebuah pengalaman saya setelah menghadiri sebuah acara pemakaman di salah satu sudut kota Yogyakarta. Pada saat itu, pihak keluarga yang kehilangan angggota keluarganya meminta pertolongan kepada salah seorang tokoh masyarakat unntuk mewakili pihak keluarga dalam menyampaikan kata sambutan.

Tanpa pikir panjang, sang pembicara ini segera menerima permintaan ini. Baginya, berbicara di depan umum adalah suatu hal yang biasa sehingga dia tidak memiliki kendala sama sekali untuk melakukan tugas mulia ini. Sungguh, sebuah pertolongan yang baik dan positif bukan?

cara menjadi pembicara yang baik
cara menjadi pembicara yang baik

Menjadi pembicara yang baik itu perlu persiapan

Sang pembicara berpengalaman ini tampaknya lupa akan pentingnya persiapan yang baik agar dapat menjadi pembicara yang baik. Malah, sebenarnya persiapan untuk berbicara di depan adalah keharusan bagi pembicara publik. Dengan pengertian ini berarti bahwa berbicara tanpa persiapan yang matang sama dengan merencanakan kegagalan! Sebaliknya, berbicara di depan umum dengan persiapan yang sangat matang sama dengan merencanakan keberhasilan.

Pembicara publik yang baik adalah pembicara yang mempersiapkan materi presentasinya dengan sangat baik. Namun, pembicara yang buruk, tidak mempersiapkan diri dengan sangat matang. Materi presentasi yang dipersiapkan dengan matang adalah salaah satu kunci sukses pembicara publik. Tetapi, kunci kegagalan dalam presentasi biasanya diawalai dari ketiadaan persiapan materi presentasi yang matang.

cara menjadi pembicara yang baik di depan umum
cara menjadi pembicara yang baik di depan umum

Cara Menjadi Pembicara Yang Baik Di depan umum

Sang pembicara ini hanya sekedar mengandalkan kepercayaan diri, sekedar mengandalkan pengalaman belaka, dan sekedar berbicara sesuai dengan pengetahuan yang terbatas. Kondisi tidak kondusif mulai terjadi ketika sang pembicara mulai menyampaikan kata sambutan.

Sang pembicara ini berbicara dengan sangat meyakinkan. Kata-kata yang terlontar dari bibirnya disampaikan dengan penuh kewibaan, kharisma, dan kekuatan kata-kata yang sarat dengan makna. Namun, ketika dia sedang berbicara dengan mantap,  para pelayat dan seluruh audiens justru bingung dan kesal.

Saya sendiri juga merasa aneh dengan kejadian ini. Sang pembicara ini telah melakukan kesalahan fatal, yaitu berulangkali salah menyebutkan nama identitas dari orang yang meninggal. Tentu, hal ini adalah sebuah kesalahan yang sangat menganggu, bukan?

cara menjadi pembicara yang baik ala pembicara publik
cara menjadi pembicara yang baik ala pembicara publik

Beberapa pihak yang tidak nyaman dengan kejadian ini akhirnya segera bereaksi. Saat masih sedang berbicara, kepada sang pembicara diberikan secarik kertas, yang menyatakan bahwa dia salah menyebut nama.Kepada sang pembicara di berikan nama identitas almarhum yang benar. Tentu, keadaan ini membuat sang pembicara sangat malu sehingga dia memutuskan untuk bersegera menutup kata sambutannya.

Tips publik speaking Cara Menjadi Pembicara Yang Baik

Sebelum menerima undangan presentasi, sebaiknya lakukan persiapan yang sangat matang. Persiapan yang matang bukan hanya sekedar berbicara tentang materi presentasi, tetapi juga segala hal yang berkaitan dengan penyelenggaraan presentasi. Dalam hal ini berarti bahwa seorang pembicara yang baik adalah pembicara yang tahu secara pasti siapa pihak yang mengundang, tempat dan waktu acara dilaksanakan, dan tema apa yang diminta oleh pihak penyelenggara.

Jadi, pastikan bahwa anda tahu dengan jelas: siapa penyelenggara acara, dalam rangka apa acara diselenggarakan, materi presentasi apa yang harus disampaikan!Bahkan, ketahui dengan jelas untuk siapa anda akan berbicara dan dalam konteks apa anda akan berbicara.

cara menjadi pembicara yang baik efektif bagi pembicara publik
cara menjadi pembicara yang baik efektif bagi pembicara publik

Cara merencanakan pembicaraan yang baik tidak akan terlepas dari persiapan, perencanaan, dan pengetahuan yang mumpuni. Tanpa persiapan, perencanaan, dan pengetahuan yang mumpini maka materi presentasi akan terasa  hambar tidak bernyawa.

Cara menjadi pembicara yang baik itu ternyata mudah sekali bukan? Cukup dengan persiapan yang matang, perencanaan yang baik dan pengetahuan yang memadai maka presentasi akan berjalan secara lebih sukses. Sebaliknya, seorang pembicara publik yang serampangan akan berbicara tanpa persiapan, perencanaan, dan pengetahuan yang signifkan. (Bertinus Sijabat-www.jurubicara.com)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*