Cara Mengatasi Panik Saat Berbicara di Depan Umum

cara mengatasi panik saat berbicara di depan umum ala James K Van Fleet
cara mengatasi panik saat berbicara di depan umum ala James K Van Fleet

Jurubicara.com-Yogyakarta. Cara mengatasi panik saat berbicara di depan umum adalah solusi praktis untuk mengatasi kepanikan saat berbicara pertama kali di depan umum. Cara mengatasi panik saat berbicara di depan umum ini sebagaimana pengalaman penulis dan pembicara publik terkenal James K Van Fleet.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, panik adalah bingung, gugup, atau takut dengan mendadak (sehingga tidak dapat berpikir dengan tenang). Hal ini berarti bahwa panik adalah situasi bingung, keadaan gugup, dan perasaan takut yang bercampur baur menjadi satu. Tentu, situasi ini bukanlah situasi yang ideal ketika sedang tampil berbicara di depan umum.

cara mengatasi panik saat berbicara di depan umum ala James K Van Fleet
cara mengatasi panik saat berbicara di depan umum ala James K Van Fleet

Cara Mengatasi Panik Saat Berbicara di Depan Umum

Jangan biarkan rasa panik menghancurkan daya juang anda untuk memiliki kehidupan yang lebih baik. Hancurkan rasa panik itu, taklukkan rasa takut itu, kalahkan rasa bingung itu, dan patahkan rasa gugup itu. Anda masih bisa mengatasi kepanikan dengan gagah berani.

James K. Van Fleet muda harus menerima kenyataan pahit betapa dirinya karena rasa panik yang menderanya ketika harus berbicara di depan umum. Namun, hasrat yang membara untuk menjadi seorang pembicara publik, membuat James K. Van Fleet maju pantang mundur untuk menghancurkan rasa panik.

cara mengatasi panik saat berbicara di depan umum saat tampil pertama kali
cara mengatasi panik saat berbicara di depan umum saat tampil pertama kali

Cara Mengatasi Panik Saat Berbicara di Depan Umum-Tampil Berani

Penampilan pertama berbicara di depan publik memang tidak mudah. Penampilan pertama adalah titik tolak baru yang harus dilalui dengan komitmen dan keteguhan hati. Jika jatuh, kalah, dan menyerah pada kesempatan pertama berbicara di depan umum, maka tamatlah riwayat anda dalam mengarungi persaingan bisnis yang kompetitif. Tetapi, keberhasilan pada kesempatan pertama bukan pula jaminan sukses untuk menapaki perjalanan karir sebagai pembicara publik.

James K.Van Fleet, penulis buku Conversation Power memutuskan untuk mengatasi panik saat berbicara di depan umum. Dia tidak mau menyerah kalah sebelum berusaha. Dia tidak mau menyerah kalah sebelum berperang. Dia tidak mau menyerah kalah sebelum berdiri di atas mimbar. Apakah usaha ini adalah usaha yang mudah? Jawabannya sudah pasti adalah tidak!

cara James K Van Fleet mengatasi panik saat berbicara di depan umum
cara James K Van Fleet mengatasi panik saat berbicara di depan umum

Cara Mengatasi Panik Saat Berbicara di Depan Umum-Atasi Ketakutan

Keringat mengalir dengan deras di kedua belah telapak tangannya. Tenggorokannya terasa sangat kering. Jantungnya berdebar-debar dengan irama tidak menentu. Suaranya menjadi parau, serak, dan hampir tidak bisa didengar oleh audiens dengan baik.

Namun, langkah pertama sudah diambil. James K.Van Fleet tidak mau mundur. Dia tidak mau mempermalukan diri dengan mengundurkan diri dari pertarungan batin menuju ke  mimbar public speaking. Meskipun panik, tetapi James telah membulatkan tekad untuk maju untuk menjejakkan diri di atas mimbar.

Awalnya, masih terasa canggung dan sulit. Tetapi, setelah berhasil mengucapkan kalimat pembukaan dengan baik, rasa panik itu berangsur hilang. James K.Van Fleet mulai mampu mengatasi panik saat berbicara di depan umum dengan penuh percaya diri. Kata demi kata meluncur ke luar dari bibirnya. Kalimat demi kalimat terangkai dengan indah dari mulutnya. Paragrah demi paragraf mengalir lancar bagaikan sungai penuh mata air.

cara mengatasi panik saat berbicara di depan umum
cara mengatasi panik saat berbicara di depan umum

Setelah menikmati momentum pengalaman terbaik  ini, James K. Van Fleet justru merasakan kebahagiaan tersendiri. Dia merasakan kepuasan, kemenangan, dan kemenangan atas dirinya sendiri. Dia berhasil mengalahkan rasa panik berlebihan saat berbicara di depan umum!

Pengalaman berbicara di depan umum pertama kali ini menjadi batu lompatan bagi karir James K. Van Fleet. Sejak saat itu, dia mulai menikmati perannya sebagai pembicara publik yang mulai dikenal secara luas. Dan, semua itu terjadi hanya karena James K. Van Fleet berhasil menang atas rasa panik saat berbicara di depan umum.

cara mengatasi panik saat berbicara di depan umum penampilan pertama
cara mengatasi panik saat berbicara di depan umum penampilan pertama

Tips Public Speaking Cara mengatasi panik saat berbicara di depan umum

Berani memulai adalah langkah pertama yang diaplikasikan oleh James K Van Fleet, penulis buku terkenal:Lifetime Guide To Success With People, Power Within, 21 Days To Unlimited Power With People. Berani berbicara di depan umum meski panik, itu adalah langkah kedua yang diterapkan oleh James K. Van Fleet. Lalu, berani berbicara tanpa memikirkan tanggapan, reaksi, dan cemohan orang lain adalah kunci kesuksesan James K. Van Fleet yang tidak terbantahkan!

Ya, cukup dengan tiga cara mengatasi panik saat berbicara di depan umum, maka karir James K. Van Fleet menjadi berkembang dan berhasil secara gilang-gemilang. Bagaimana dengan anda? Sudahkah anda mengatasi panik saat berbicara di depan umum dengan? Sudahkah anda memiliki gairah untuk tampil berbicara di depan umum dengan gagah berani? (Bertinus Sijabat-jurubicara.com)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*