Cara Mengatasi Grogi Berbicara Di Depan Umum

cara agar tidak grogi berbicara di depan umum
cara agar tidak grogi berbicara di depan umum

Jurubicara.com. Grogi berbicara di depan umum adalah masalah yang lebih mudah diatasi. Mengapa? Karena grogi berbicara di depan umum berarti bahwa orang yang tampil bicara sudah berhasil mengatasi ketakutan berbicara di depan umum. Dengan bahasa yang lebih sederhana, dapat dikatakan bahwa sang pembicara sudah pernah tampil bicara di depan umum!

Grogi berbicara di depan umum bisa jadi disebabkan oleh berbagai kemungkinan. Bisa jadi, karena audiens nya memiliki pengetahuan, pengalaman,  dan prestasi yang lebih tinggi daripada pembicara. Dalam hal ini, sang pembicara merasa diri inferior, sementara audiens adalah superior.

cara-agar-tidak-grogi-berbicara-di-depan-umum
cara-agar-tidak-grogi-berbicara-di-depan-umum

 

Saya pernah mengikuti kuliah praktek pidato, dimana ada peserta yang memilih mengundurkan diri dari kuliah daripada harus tampil bicara di depan umum. Padahal, teman ini adalah orang yang sudah terbiasa berbicara di depan umum. Setiap kali tampil, audiens yang mendengar dan melihat penampilannya bisa lebih dari lima ratusan orang.

Lalu mengapa dia tetap tidak mampu mengatasi rasa grogi bicara di depan umum? Karena dalam prakterk pidato ini, dia harus tampil dihadapan audiens yang sudah memiliki jam terbang tinggi dalam pidato dan pidatonya akan dinilai oleh dosen.

Nah, sang teman akhirnya memilih mengundurkan diri dari kuliah daripada harus bicara di depan audiens yang berpengalaman. Dengan kata lain, dia tidak mampu mengatasi rasa grogi bicara di depan umum, sehingga dia memilih untuk tidak menghadapi rasa takutnya.

cara-mengatasi-agar-tidak-grogi-berbicara-di-depan-umum
cara-mengatasi-agar-tidak-grogi-berbicara-di-depan-umum

Grogi berbicara di depan umum juga bisa disebabkan oleh pengalaman yang traumatis. Bisa jadi, ketika berbicara di depan umum, sang pembicara pernah direndahkan atau dipermalukan. Bisa juga karena ketika tampil bicara di depan umum, sang pembicara merasa bahwa dia tidak tampil sesuai harapan.

Lalu bagaimana cara agar kita tidak grogi berbicara di depan umum?

Pertama, terimalah kesempatan berbicara di depan umum sebagai sebuah kehormatan. Pihak yang memberikan kesempatan berbicara kepada anda adalah pihak yang memberikan kehormatan kepada anda. Jadi, baik audiens maupun penyelenggara acara, benar-benar mengharapkan penampilan terbaik dari anda. Jadi, mereka mau menyaksikan penampilan prima, percaya diri, dan maksimal.

cara-mengatasi-grogi-berbicara-di-depan-umum-ala-jurubicara
cara-mengatasi-grogi-berbicara-di-depan-umum-ala-jurubicara

Kedua, terima kesempatan berbicara di depan umum sebagai kepercayaan. Hal ini berarti bahwa anda dipandang sebagai orang yang mampu. Ketika kita diminta berbicara di depan umum, sebenarnya hal itu adalah sebuah kepercayaan. Tidak setiap orang diberikan kesempatan untuk tampil bicara di depan umum bukan? Hanya orang-orang yang dinilai layak, mampu, dan mumpuni yang akan diberi kepercayaan untuk tampil bicara di depan umum.

Ketiga, terima kesempatan berbicara sebagai sebuah penghargaan. Ketika anda diminta berbicara maka anda diharga sebagai seorang yang berharga. Pihak yang memberikan kesempatan ini benar-benar membutuhkan materi pesan yang berharga. Oleh karena itu, berbicaralah sebagai orang yang penting, dengan pesan yang penting, yang disampaikan kepada orang yang penting juga!

Cara mengatasi grogi berbicara di depan umum ternyata tidak sulit dan sangat mudah bukan? Dengan memandang kesempatan berbicara sebagai sebuah kepercayaan, kehormatan, dan penghargaan, maka kita akan berani tampil bicara dengan percaya diri.(www.jurubicara.com/Bertinus Sijabat-Trainer Public Speaking)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*