Cara berbicara yang Baik

cara berbicara yang baik pembicara yang handal
cara berbicara yang baik pembicara yang handal

Jurubicara.com-Cara berbicara yang baik. Jika ada cara berbicara yang baik, maka tentu ada juga cara berbicara yang buruk. Cara berbicara yang baik adalah cara berbicara yang mudah dimengerti, sederhana, dan tepat sasaran. Sebaliknya, cara berbicara yang buruk adalah cara berbicara yang sulit dimengerti, kompleks, dan bias sasaran.

Cara berbicara yang baik adalah cara berbicara yang mudah dimengerti

Ketika kita berbicara, pesan yang kita sampaikan mudah dipahami oleh orang lain. Cara berbicara yang mudah dimengerti adalah cara bicara yang runut, runtut, dan sistematis. Kita menjelaskan kepada audiens secara lengkap dan menyeluruh.

cara berbicara yang baik
cara berbicara yang baik

 

Cara berbicara yang mudah dimengerti adalah dengan memaparkan secara langsung atau to the poin. Pada konteks ini, kita tidak menjelaskan secara berputar-putar sehingga bisa membingungkan audiens.

Pembicara yang handal adalah pembicara yang mengembangkan cara berbicara yang mudah dimengerti oleh audiens.

Cara berbicara yang baik adalah cara berbicara yang sederhana

Kita menyampaikan pesan dengan kata-kata yang sederhana, membumi, dan dikenal oleh para audiens dengan baik. Hindari penggunaan kata-kata yang tidak lazim, kata-kata yang asing, dan kata-kata yang sulit pelafalan-nya.

cara berbicara yang baik pembicara yang handal
cara berbicara yang baik pembicara yang handal

Cara berbicara yang sederhana menunjukkan bahwa kita sedang berusaha mendengar, melihat, dan memahami dari sudut pandang audiens sendiri. Pada konteks ini, pengenalan terhadap audiens adalah harga yang harus dibayar lunas.

Cara mengenal audiens adalah dengan mempelajari latar belakang pendidikan mayoritas audiens, pekerjaan utama, bahasa ibu, dan kebutuhan utama audiens.Jadi, pastikan bahwa anda tahu siapa audiens anda dan apa maksud tujuan mereka sehingga menghadirkan anda sebagai pembicara.

Pembicara yang handal adalah pembicara yang senantiasa menampilkan kata-kata yang sederhana, yang sesuai dengan kebutuhan audiens.

cara berbicara yang baik pembicara hebat
cara berbicara yang baik pembicara hebat

Cara berbicara yang baik adalah cara berbicara yang tepat sasaran

Berbicara adalah bertukar pesan, informasi, dan maksud. Jadi, cara berbicara yang baik adalah cara berbicara yang langsung fokus menuju sasaran.

Dengan pemikiran ini, berarti kita harus tahu dengan jelas apa yang menjadi sasaran pertemuan, sasaran audiens, dan sasaran kita sendiri. Setelah tahu sasaran yang sesungguhnya, kita mengemas pembicaraan secara jitu sehingga benar-benar tepat sasaran.

Cara berbicara yang tepat sasaran berarti cara berbicara yang tidak bias. Dengan cara berbicara yang tepat sasaran berarti apa yang kita maksud danĀ  apa yang menjadi tujuan utama dapat dimengerti dengan cara yang sama oleh audiens.

cara berbicara yang baik berbicara dengan gaya
cara berbicara yang baik berbicara dengan gaya

Pembicara yang handal adalah pembicara yang menyampaikan pesan secara tepat sasaran. Apa yang dimaksudkan oleh sang pembicara maka itu pula yang diterima dan dipahami oleh audiens

Cara berbicara yang baik akan memudahkan kita dalam menjalin komunikasi dan hubungan yang intens dengan audiens. Dengan cara ini,semua pihak yang terlibat akan menikmati kepuasan dan kebahagiaan yang tidak dapat dilukiskan dengan kata-kata semata. Sudahkah anda berbicara dengan cara yang baik hari ini? (www.jurubicara.com/Bertinus Sijabat-Cara berbicara yang baik)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*