Berbicara di Depan Umum

berbicara-di-depan-umum
berbicara-di-depan-umum

Jurubicara.com-Berbicara di depan umum. Bagi sebagian orang, berbicara di depan umum adalah momok yang menakutkan. Sementara, bagi sebagian orang lainnya, berbicara di depan umum justru merupakan kesempatan yang sangat menggairahkan.

Perbedaan kontras ini tentu memiliki konsekuensi yang juga kontras bukan?  Berani bicara di depan umum memberi implikasi yang positif.  Implikasi positif berarti suatu dampak yang bersifat baik, menambah, dan melipatgandakan hasil di dalam hidup ini. Sebaliknya, tidak berani tampil di depan umum akan memberi implikasi negatif. Sesuai namanya, implikasi negatif bersifat kurang baik, mengurangi, dan mengkerdilkan hasil dalam hidup ini.

berbicara di depan umum
berbicara di depan umum

Memang, lebih mudah menghindar dengan menolak kesempatan untuk tampil bicara di depan umum. Namun, dalam jangka panjang, kebiasaan menolak kesempatan bicara di depan umum akan cenderung merugikan. Hal ini terjadi karena dengan menolak kesempatan bicara di depan umum, secara tidak sadar, kita telah membuang peluang untuk meraih hasil yang lebih baik di dalam hidup ini.

Tampil bicara di depan umum memberi peluang bagi kita untuk dikenal secara lebih luas. Bahkan, dengan berani tampil bicara di depan umum, kita memiliki kesempatan untuk mempengaruhi orang lain. Jika sudah demikian, maka hubungan dan jaringan kita juga akan semakin luas.

berbicara di depan umum dengan percaya diri
berbicara di depan umum dengan percaya diri

Sebaliknya, orang yang tidak berani tampil bicara di depan umum cenderung memiliki lingkungan pengaruh yang lebih terbatas. Hal ini terjadi  karena orang lain tidak memiliki pemahaman yang jelas, tidak mengerti ide, dan  opini dari orang yang tidak berani bicara di depan umum.

Sekarang, pilihan ada di tangan anda sendiri. Jika anda cenderung suka dengan kehidupan yang terbatas dan biasa-biasa saja, maka tolaklah kesempatan berbicara di depan umum. Namun, jika anda suka dengan kehidupan yang menggairahkan dan tidak terbatas, maka hadapilah rasa takut berbicara di depan umum dengan gagah berani.

berbicara di depan umum dengan gagah berani
berbicara di depan umum dengan gagah berani

Memang, untuk bisa menjadi seorang pembicara yang handal maka kita membutuhkan kerja keras, keringat, dan air mata. Kita harus rela mengalami jatuh bangun dalam belajar. Pada tahap tertentu kita mungkin gagal dan tidak dihargai oleh orang lain, tetapi jika kita terus berusaha belajar maka impian menjadi pembicara yang handal akan mudah terealisasi.

Jadi, pilihlah untuk berjuang mengatasi rasa takut berbicara di depan umum. Pilihlah untuk berjuang mengatasi grogi berbicara di depan umum. Pilihlah untuk mengatasi kegugupan agar lancar berbicara di depan umum.(Bertinus Sijabat-www.jurubicara.com)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*