Cara Mengatasi Ketakutan Berbicara Di Depan Publik

Cara mengatasi ketakutan berbicara di depan publik dengan berani
Cara mengatasi ketakutan berbicara di depan publik dengan berani

Jurubicara.com-Yogyakarta. Cara mengatasi ketakutan berbicara di depan publik umum adalah kemampuan untuk mengalahkan rasa takut yang berlebihan. Kemampuan untuk mengubah rasa takut berbicara di depan umum yang sangat membelenggu menjadi keberanian yang membebaskan.

Sebelum anda mampu melepaskan ikatan belenggu ketakutan ini, maka anda tidak akan pernah berani tampil berbicara di depan umum. Tetapi, setelah anda mampu membebaskan diri dari belenggu ketakutan ini, maka anda akan mampu tampil berbicara di depan umum.

Pertanyaan yang kemudian muncul adalah, “Apakah anda sudah merasa nyaman dengan ketakutan anda?” Jika jawaban anda adalah ‘ya’ maka artikel publik speaking ini tidak akan berarti bagi anda. Tetapi, jika jawaban anda adalah “tidak”, maka artikel publik speaking ini akan sangat bermakna bagi anda.

Cara Mengatasi Ketakutan Berbicara Di Depan Publik Secara Efektif.
Cara Mengatasi Ketakutan Berbicara Di Depan Publik Secara Efektif.

Cara Mengatasi Ketakutan Berbicara Di Depan Publik Umum

Takut berbicara di depan umum adalah jenis ketakutan yang pernah membelenggu Winston Churchill. Takut berbicara di depan juga pernah menghantui Eleanor Roosevelt. Tetapi, dua tokoh terkenal ini membiarkan rasa takut berbicara di depan umum menyiksa mereka seumur hidup.

Faktanya, Winston Churchill berhasil mengatasi rasa takut berbicara di depan umum dengan gilang gemilang. Keberaniannya untuk mengalahkan rasa takut membuatnya menjadi salah seorang orator dunia yang paling mengagumkan. Setali tiga uang dengan Winston Churchill, Eleanor Roosevelt juga mampu bangkit dari pengalaman publik speaking yang memprihatinkan.

Cara Mengatasi Ketakutan Berbicara Di Depan Publik umum
Cara Mengatasi Ketakutan Berbicara Di Depan Publik umum

Cara Mengatasi Ketakutan Berbicara Di Depan Publik Umum-Pingsan Saat Pidato Pertama

Kondisi terburuk apakah yang paling mungkin terjadi jika anda berani tampil berbicara di depan umum? Mungkin anda akan mengalami keringat mengucur dengan deras seakan tidak terbendung. Grogi yang berlebihan. Mulut seakan terkunci rapat dengan gembok. Gemetaran. Ditertawakan dan disuruh turun dari podium. Hanya kondisi itulah kemungkinan terburuk yang bisa terjadi bukan?

Eleanor Roosevelt justru harus melalui penampilan pidato pertama di depan umum yang lebih memprihatinkan. Saat tampil berbicara di depan umum pertama kali, Eleanor bukan hanya gemetaran saja, tetapi pingsan! Benar, anda tidak salah baca: Eleanor pingsan saat tampil berbicara di depan umum pada penampilan perdana! Sungguh, bukan sebuah pengalaman yang indah dan manis untuk dikenang seumur hidup, bukan?

Cara Mengatasi Ketakutan Berbicara Di Depan Publik Eleanor Roosevelte
Cara Mengatasi Ketakutan Berbicara Di Depan Publik Eleanor Roosevelte

Cara Mengatasi Ketakutan Berbicara Di Depan Publik Umum-Tekad Baja

Meski harus pingsan saat penampilan pertama, Eleanor tidak mau menyerah kalah. Justru, sejak saat itu, Eleanor mengembangkan tekad baja yang sangat kuat. Dia berkeputusan untuk menjadi seorang publik speaker terkenal alias pembicara publik.

Mudah? Coba tanya diri anda sendiri, langkah apakah yang akan anda pilih setelah mengalami kondisi seperti Eleanor. Malu, menderita, ditertawakan, diolok-olok, dan dianggap rendah. Jika sudah demikian, masih berani tampil berbicara kembali di depan publik?

Eleanor bertekad untuk tidak mau terbelenggu dengan rasa takut berbicara di depan umum. Dia tidak mau terikat dengan pengalaman pingsan saat pidato pertama kali. Dia tidak rela kalah dengan pengalaman pahit yang dialaminya.

cara mengatasi ketakutan berbicara di depan publik ala eleanor roosevelt
cara mengatasi ketakutan berbicara di depan publik ala eleanor roosevelt

Cara Mengatasi Ketakutan Berbicara Di Depan Publik Umum-Prinsip Hidup Pemenang

Eleanor berpegang teguh pada prinsip hidup pemenang,”Tidak ada seorangpun dimuka bumi ini yang bisa membuat anda rendah tanpa seizin anda.” Ya, dengan prinsip hidup pemenang ini, Eleanor memutuskan untuk bangkit mengatasi ketakutan berbicara di depan umum.

Dia tidak mau siapapun merendahkan dirinya, hanya karena dia pingsan di depan publik saat pidato pertama. Dia tidak mau oranglain membatasi hidupnya, hanya karena dia pernah gagal saat berbicara di depan publik. Dia tidak mau pihak lain mengintimidasi dirinya hanya karena pernah mengalami ketakutan yang berlebihan saat berbicara di depan publik.

Eleanor mengalami transformasi yang radikal pasca pengalaman pahit ini. Dia justru semakin giat belajar, berlatih, dan bekerja keras untuk mengalahkan rasa takut berbicara di depan umum. Terlepas dari pengalaman pingsan saat pidato pertama kali, dia tetap mengembangkan pemahaman bahwa dirinya adalah seorang pribadi pemenang yang sangat berharga.

Semakin hari Eleanor semakin menikmati perubahan, pertumbuhan, dan perkembangan yang positif yang lebih baik. Wanita tangguh ini berubah dari seorang yang takut berbicara di depan umum menjadi seorang publik speaker terkenal. Bahkan, saking salutnya atas pencapaian Eleanor, publik menilai bahwa Eleanor Roosevelt adalah salah seorang pembicara paling menawan dan paling persuasif di Amerika!

Cara mengatasi ketakutan berbicara di depan publik dengan berani
Cara mengatasi ketakutan berbicara di depan publik dengan berani

Tips Public Speaking- Cara Mengatasi Ketakutan Berbicara Di Depan Publik Umum

Cara mengatasi ketakutan berbicara di depan publik umum sebenarnya sangat sederhana. Kembangkan kebiasaan tampil berbicara walau anda grogi, takut, keringatan, dan gemetaran. Kembangkan kebiasaan tampil berbicara walaupun awalnya susah, sulit, dan sangat berat.

Eleanor berhasil melupakan ketidaksadaran dan kepingsanan di masa lalu. Dia berhasil menyongsong masa depan dengan berani bangkit kembali merebut kemenangan atas ketakutan. Kita yang belum pernah pingsan saat berbicara di depan, seharusnya juga mampu melakukannya, bukan? (Bertinus Sijabat-jurubicara.com)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*