Cara Menjadi Public Speaker Handal

cara menjadi public speaker handal menjaga kontak mata
cara menjadi public speaker handal menjaga kontak mata

Cara Menjadi Public Speaker Handal — Jurubicara.com. Cara menjadi public speaker handal merupakan lanjutan dari cara menjadi public speaker yang handal di di depan umum. Pada artikel public speaking ini, anda akan belajar cara menjadi public speaker handal dengan empat strategi tambahan yaitu: menyajikan presentasi dengan penekanan pesan utama, menyajikan presentasi dengan gaya yang elegan, menyajikan presentasi dengan bahasa tubuh yang bersahabat dan menyajikan presentasi dengan kontak mata.

Agar anda lebih mudah memahami artikel ini, akan lebih baik jika anda juga membaca: cara menjadi public speaker yang handal. Dengan cara ini, maka penguasaan anda akan materi ini akan menjadi lebih sempurna.

cara menjadi public speaker handal
cara menjadi public speaker handal

Cara Menjadi Public Speaker Handal Menyajikan Presentasi dengan penekanan pesan utama

Public speaker yang handal harus memahami esensi utama dari pesan yang disajikannya kepada audiens. Oleh karena itu, penekanan atau penegasan pada pesan utama sangat perlu ditempuh selama presentasi. Perlu dipahami bahwa salah satu kunci utama kesuksesan pelatihan apapaun adalah pengulangan. Dengan mengulang-ulang materi tertentu secara sadar, maka pada saat yang sama audiens akan menyadari bahwa pesan itu merupakan pesan yang penting.

Pesan utama materi presentasi yang baik dikenal dengan istilah Rule of Three. Tiga Pesan akan lebih mudah untuk diingat. Jika pesan anda sangat banyak, maka audiens akan mengalami kesulitan untuk mengingatnya dengan baik. Oleh karena itu, seorang pembicara yang handal harus mampu membagi pesannya menjadi tiga bagian utama. Tentu, jika pelatihan dilakukan selama dua atau tiga hari, penyederhanaan pembagian pesan ini dapat ditempuh berdasarkan tema per bagian materi presentasi.

cara menjadi public speaker handal (1)
cara menjadi public speaker handal (1)

Cara Menjadi Public Speaker Handal Menyajikan Presentasi dengan gaya yang elegan

Public speaker yang handal adalah seorang penyaji presentasi persuasi yang dinamis. Penyajian presentasi yang elegan ditempuh dengan kemampuan melakukan interaksi dengan audiens, penguasaan ruangan yang baik, dan kemampuan mengelola kelas dengan baik.

Public speaker dengan gaya yang elegan jarang atau sulit membuat audiens mengantuk selama mengikuti pelatihan. Kecuali, audiens yang memang mengalami kecapekan yang luar biasa sehingga merasa ruang pelatihan adalah tempat terbaik untuk tidur.

Tetapi, pembicara yang handal jarang atau tidak pernah membuat audiens mengantuk. Mengapa? Karena cara penyajian presentasi dengan gaya yang elegan akan membuat audiens terhubung, terjaga, dan termotivasi untuk terus-menerus mengikuti pesana yang disajikan oleh pembicara dengan baik.

cara menjadi public speaker handal di depan umum
cara menjadi public speaker handal di depan umum

Cara Menjadi Public Speaker Handal Menyjikan Presentasi dengan Bahasa tubuh yang bersahabat

Gerak tubuh yang luwes dan gerak isyarat yang bersahabat merupakan salah satu modal penting pembicara yang handal. Postur tubuh yang tegak dan tegak, gestur tubuh yang terbuka, dan gerak fisik yang luwes memberikan kesan terbuka pada audiens.

Dengan Bahasa tubuh yang bersahabat, maka audiens akan merasa nyaman, terinspirasi dan termotivasi untuk senantiasa fokus pada pesan dan penyampai pesan. Dengan cara ini, maka hubungan yang terbuka menjadi kunci kesuksesan dalam menyampaikan pesan yang syarat dengan ajakan Call To Action.

Cara Menjadi Public Speaker Handal Menyajikan pesan dengan kontak mata

Pembicara yang handal selalu mengembangkan kebiasaan kontak mata dengan audiens. Kontak mata merupakan bentuk perhatian, kepedulian, dan kejujuran pada audiens. Sapukan pandangan anda secara sekilas kea rah tertentu, jangan terlalu lama, mungkin 10-15 detik sudah sangat baik. Hal ini menunjukkan bahwa anda memperhatikan keberadaan audiens. Di sisi lain, hal ini akan membuat audiens merasa akan terbuka karena mereka dapat melihat kejujuran di mata anda.

cara menjadi public speaker handal menjaga kontak mata
cara menjadi public speaker handal menjaga kontak mata

Tentu, dalam melakukan kontak mata, pastikan bahwa tatapan anda penuh dengan nuansa persahabatan. Kontak mata sangat penting karena mata adalah jendela jiwa. Dengan melihat mata, biasanya orang lain akan merasakan apaka anda bersahabat atau justru berlawanan. Pembicara yang handal selalu menggunakan kontak mata secara bersahabat sehingga terjalin hubungan yang erat dengan audiens.

Jadi, sudahkah anda belajar mengaplikasikan cara menjadi public speaker handal di dalam performa presentasi anda? Ingat, dengan menyajikan presentasi dengan penekanan pesan utama, menyajikan presentasi dengan gaya yang elegan, menyajikan presentasi dengan bahasa tubuh yang bersahabat dan menyajikan presentasi dengan kontak mata maka anda sudah menerapkan cara menjadi public speaker handal dalam performa presentasi anda.

Hubungi Juru Bicara Indonesia jika anda merasa bahwa anda perlu memahami cara menjadi public speaker handal secara lebih baik. Undang Juru Bicara Indonesia ke kota anda atau daftarkan diri anda untuk mengikuti training cara menjadi public speaker handal bersama Juru Bicara Indonesia.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*