Tips Menguasai Keterampilan Presentasi

Tips Menguasai Keterampilan Presentasi Efektif
Tips Menguasai Keterampilan Presentasi Efektif

Tips menguasai keterampilan presentasi —Jurubicara.com. Apakah anda merupakan pribadi yang tidak suka menonjolkan diri secara ekspresif? Apakah anda merupakan seorang pribadi yang selalu tampil low profile? Apakah anda merupakan seorang pribadi yang tidak suka tampil lebih dari diri anda yang sesungguhnya?

Dengan kepribadian pendiam, tidak banyak ngomong, dan tidak cenderung pamer, bisakah menjadi pembicara yang handal di depan umum? Dengan kebiasaan yang suka mempertontonkan performa pribadi, bisakah seseorang menjadi pembicara yang percaya diri di depan umum? Dengan kecenderungan penampilan sebagaimana orang biasa, mampukah seseorang menjadi pembicara public yang profesional di depan umum? Tips menguasai keterampilan presentasi ini dapat menjadi jawaban bagi anda.

Tips Menguasai Keterampilan Presentasi
Tips Menguasai Keterampilan Presentasi

Tips Menguasai Keterampilan Presentasi

Setiap orang bisa menjadi pembicara yang efektif di depan umum. Terlepas daripada latar belakang pribadi yang biasa-biasa saja, cenderung pendiam, dan low profile sekalipun. Juru Bicara Indonesia percaya bahwa setiap orang bisa menjadi pembicara yang baik di depan umum.

Apakah anda cendrung tidak setuju dengan pernyataan ini? Apakah anda merasa pernyataan ini terlalu berlebihan? Atau adakah anda merasa pernyataan ini cenderung bombastis dan mengada-ada?

Pernahkah anda mendengarkan nama Demosthenes, seorang yang gagap dan sulit berbicara di depan umum? Apakah anda pernah menyaksikan John F Kennedy yang menyembunyikan sebelah tanggannya di saku celana karena gemetaran? Pernahkah anda mendengar Jack Welch yang menderita kegagapan justru saat tampil berbicara dengan berkobar-kobar?

Tips Menguasai Keterampilan Presentasi Persuasi
Tips Menguasai Keterampilan Presentasi Persuasi

Tips Menguasai Keterampilan Presentasi: Kita Bisa Menjadi Pembicara yang Handal

Kemampuan berbicara di depan umum, presentasi, orasi, ceramah, dan pidato dapat dipertukarkan dalam pengertian semuanya mencakup kemampuan berbicara di depan massa yang banyak. Tentu, sebagai sebuah keterampilan, maka keterampilan presentasi diperoleh melalui pembelajaran berkelanjutan. Keterampilan presentasi diperoleh melalui pengalaman jatuh bangun, kalah, dan salah namun terus-menerus diperbaharui setiap kali tampil di depan umum.

Pengalaman dan jam terbang berbicara akan tampak jelas tatkala menyaksikan performa presentasi persuasi para pembicara kelas dunia. Para pembicara kelas dunia merancang presentasi persuasi sedemikian rupa sehingga mampu menampilkan performa optimal saat berada di depan audiens yang sesungguhnya.

Jadi, apakah anda seorang low profile, pendiam, dan tidak suka menonjolkan diri bukanlah masalah utama untuk menjadi pembicara kelas dunia. Anda bisa menjadi pembicara yang handal selama anda mau belajar, diajar, dan mengajar sesuai dengan gairah anda. Salah satu prinsip mendasar dalam menguasai keterampilan apapun adalah pentingnya pengulangan, pengajaran yang sistematis, dan penerapan keterampilan secara konsisten.

Tips Menguasai Keterampilan Presentasi Efektif
Tips Menguasai Keterampilan Presentasi Efektif

Tips Menguasai Keterampilan Presentasi: Kita Bisa meningkatkan performa presentasi kita

Apakah kegagalan presentasi kemarin menjamin kegagalan presentasi hari ini dan besok? Apakah keberhasilan presentasi kemarin menggaransi keberhasilan presentasi hari ini dan besok? Dua pertanyaan ini merupakan pertanyaan penggugah yang menyingkapkan ketidakpastian. Tidak ada jaminan performa presentasi hebat kemarin memastikan performa presentasi hebat dari ini. Sebaliknya, performa presentasi yang payah di hari kemarin juga bukan merupakan kepastian performa presentasi parah di hari ini.

Apakah anda melakukan evaluasi internal dan eksternal atas performa presentasi anda? Dibutuhkan evaluasi yang jujur, terbuka, dan transparan untuk menilai sebuah performa presentasi. Jika anda hanya meminta masukan dari bawahan anda, maka kemungkinan anda akan memperoleh jawaban yang bias. Sebaliknya, jika anda meminta masukan dari atasan anda, maka kemungkinan anda memperoleh jawaban yang lebih jujur. Tetapi, jawaban yang paling jujur adalah dari audiens yang netral dan mentor presentasi profesional.

Tips menguasai keterampilan presentasi efektif di depan umum
Tips menguasai keterampilan presentasi efektif di depan umum

Juru Bicara Indonesia menyatakan bahwa performa presentasi dapat ditingkatkan. Peningkatan dapat terjadi secara perlahan tapi pasti, namun dapat juga terjadi secara cepat. Kecepatan perubahan performa presentasi dipengaruhi oleh banyak faktor antara lain: motivasi internal dan motivasi eksternal.

Peningkatan performa presentasi melalui pembelajaran, praktek, pengulangan dan evaluasi pasti memberikan pengaruh yang signifikan. Perbaikan performa presentasi akan semakin efektif bila disertai dengan motivasi diri yang luar biasa. Hal ini biasanya terjadi karena anda merasa kebutuhan akan keterampilan presentasi merupakan hal yang urgen untuk ditingkatkan.

Jadi, sudahkah anda menerapkan tips menguasai keterampilan presentasi ini di dalam setiap penampilan anda? Sudahkah anda menyadari bahwa kita bisa meningkatkan performa presentasi kita? Sudahkah anda mengetahui bahwa kita bisa menjadi pembicara yang handal melalui pembelajaran berkelanjutan?

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*