Cara Menguasai Keterampilan Presentasi

Cara menguasai keterampilan presentasi
Cara menguasai keterampilan presentasi

Cara menguasai keterampilan presentasi — Jurubicara.com. Apakah anda sudah merasa puas dengan performa presentasi anda? Apakah anda merasa bahwa performa presentasi anda masih bisa ditingkatkan? Apakah anda merasa bahwa performa presentasi anda justru merintangi anda dalam meraih kesuksesan?

Jabatan, karir, dan kedudukan yang tinggi membutuhkan kemampuan presentasi yang setara atau lebih baik. Mengapa? Karena semakin tinggi karir, jabatan, dan posisi di seseorang di perusahaan maka performa komunikasinya justru semakin dibutuhkan. Tugas seorang pemimpin adalah mendengar, memotivasi dan menginspirasi karyawan agar bekerja selaras dengan tujuan korporasi. Tentu, menjadi aneh dan tidak tepat, jika kemampuan pemimpin dalam berkomunikasi justru lebih buruk daripada karyawan lainnya, bukan?

 

Cara menguasai keterampilan presentasi
Cara menguasai keterampilan presentasi

Cara Menguasai Keterampilan Presentasi Mencoba Melakukan Presentasi Secara Nyata

Juru Bicara Indonesia menawarkan 3 strategi jitu agar seseorang mampu meningkatkan performa presentasi dengan lebih baik. Dengan mengaplikasikan 3 strategi ini, maka setiap orang akan mampu menunjukkan performa presentasi yang jauh lebih baik daripada sebelumnya.

Pertama, Mencoba melakukan presentasi secara nyata. Belajar presentasi setali tiga uang dengan belajar berenang. Teori sehebat, secanggih, sejitu apapun tidak akan berarti apa-apa sebelum anda masuk ke dalam kolam dan mencoba memulai latihan berenang. Begitu juga dengan kemampuan presentasi, anda harus berani tampil di depan umum, di atas kaki anda sendiri, dan berbicara sesuai kemampuan anda.

Pada tahap awal ini, jangan terlalu menuntut kesempurnaan dari diri anda. Justru, akan lebih baik jika anda belajar menikmati proses demi proses dengan sabar. Kadangkala, anda akan mengalami betapa sulitnya berdiri di depan umum. Pada saat lain, anda akan merasa grogi saat harus berdiri dan berbicara di hadapan orang yang lebih hebat, pintar, dan berbakat. Pada saat lain, anda juga mungkin akan mengalami  pengalaman lupa akan materi, keringat bercucuran, jantung berdegup kencang, dan bahkan mungkin diabaikan oleh audiens. Tetapi, teruslah mencoba hingga anda terbiasa.

Cara menguasai keterampilan presentasi
Cara menguasai keterampilan presentasi

Cara menguasai Keterampilan Presentasi Mengembangkan Kebiasaan Berlatih Terus Menerus

Kedua, Mengembangkan kebiasaan berlatih secara terus-menerus. Pada tahapan ini, jadikan pengalaman baik, buruk, dan menyakitkan justru bagaikan pil pahit yang harus ditelan untuk penyembuhan diri anda. Jangan hiraukan cibiran, jangan dengarkan ledekan, dan jangan terhenti oleh karena beraneka kegagalan.

Berlatih secara terus-menerus memang bukan pengalaman yang mudah. Tetapi, bila anda memang benar-benar serius dan sepenuh hati untuk belajar menjadi pembicara yang handal, maka semua proses itu justru merupakan pengalaman hidup yang berkelanjutan.

Pada proses pembelajaran  Juru Bicara Indonesia, tahapan yang ditempuh adalah dengan menggunakan setiap momentum berbicara sebagai panggung presentasi. Berbicara di dalam kelompok kecil, di dalam keluarga, di dalam hubungan kekerabatan, di dalam organisasi dan di dalam perkumpulan yang lebih besar merupakan strategi nyata yang dapat ditempuh. Pada proses ini, anda tidak harus menjadi pembicara utama, tetapi pastikan bahwa setiap kali ada kesempatan untuk berbicara, maka pergunakanlah waktu  itu sebagai momentum untuk mengasah kemampuan presentasi anda.

Cara menguasai keterampilan presentasi
Cara menguasai keterampilan presentasi

Cara menguasai Keterampilan Presentasi melakukan evaluasi dari kesalahan

Ketiga, Melakukan evaluasi demi evaluasi. Pribadi pembelajar, jujur, dan terbuka adalah pribadi yang mau menerima feedback dari orang lain. Bisa jadi, feedback itu berupa kritikan, cibiran, cemohan, dan pujian. Sehingga dengan belajar dari feedback ini, maka kita akan menjadi lebih baik setiap kali tampil perform.

Feedback dari diri sendiri juga merupakan input yang sangat bermanfaat. Jika mau terbuka, maka biasanya kita akan mengerti kesalahan, kekurangan, dan kelebihan yang kita miliki setiap kali berbicara di depan umum. Jadi, melalui proses evaluasi ini, maka kita akan dapat memperbaiki kinerja performa presentasi kita menjadi lebih baik setiap kalinya.

Meski demikian, tetaplah jaga otentisitas dari diri anda. Jadilah diri anda yang sesungguhnya saat tampil perform. Kembangkan gaya presentasi anda sendiri, cara presentasi yang paling nyaman bagi anda, dan cara menyajikan presentasi yang menjadi ciri khas anda secara pribadi.

Jadi, bagaimana menurut anda? Apakah anda sudah menerapkan cara menguasai keterampilan  presentasi secara nyata? Apakah anda sudah menerapakan cara menguasai keterampilan presentasi dengan berlatih berkelanjutan? Apakah anda sudah mengaplikasikan cara menguasai keterampilan presentasi dengan mengevaluasi diri melalui feedback?

Apabila anda ingin menguasai keterampilan presentasi secara lebih baik, anda dapat menghubungi Juru Bicara Indonesia secara langsung. Daftarkan diri anda di training public speaking, kursus public speaking, dan pelatihan public speaking yang di adakan oleh Juru Bicara Indonesia.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*