Rahasia Utama Keterampilan Presentasi

Rahasia utama Keterampilan Presentasi Terampil
Rahasia utama Keterampilan Presentasi Terampil

Rahasia utama keterampilan Presentasi — Jurubicara.com. Apakah anda merasa kurang terampil dalam menyampaikan presentasi? Apakah anda merasa keterampilan presentasi anda justru menghambat performa karir anda? Apakah anda merasa kurang efektif ketika menyampaikan presentasi?

Jika anda menjawab “Ya” untuk salah satu dari tiga pertanyaan di atas, maka anda memiliki banyak teman yang juga mengalami hal yang sama. Jika anda menjawab “Ya” untuk du pertanyaan di atas, maka kemungkinan sangat besar anda memang memiliki problem nyata saat menyajikan presentasi. Jika anda menjawab “Ya” atas tiga pertanyaan di atas maka anda adalah orang jujur yang masih bisa dipulihkan.

Pengakuan akan ketidakmampuan adalah ungkapan hati yang baik. Pernyataan akan ketidakmampuan merupakan awal dari pemahaman diri yang benar. Pemikiran akan pentingnya kemampuan komunikasi adalah pernyataan terbuka yang sangat mencerahkan.

Rahasia Utama Keterampilan Presentasi
Rahasia Utama Keterampilan Presentasi

Rahasia Utama Keterampilan Presentasi

Kita adalah apa yang kita katakan. Baik atau buruk perkataan anda di hadapan orang lain menunjukkan keberadaan anda yang sesungguhnya. Ketika perkataan kita adalah perkataan yang positif, kreatif, dan konstruktif, maka itulah kita. Sebaliknya, ketika kita cenderung menyajikan perkataan negatif, pesimistis, dan destruktif, maka itulah kita.

Pembicara yang baik dimulai dari kemampuan berkata-kata secara pribadi terhadap diri sendiri. Self talk adalah kebiasaan berbicara kepada diri sendiri setiap waktu, dengan kesadaran penuh, dan sesering mungkin. Jadi, agar memahami rahasia utama keterampilan presentasi, maka hal pertama yang harus diperbaiki adalah kemampuan berbicara kepada diri sendiri.

 

Rahasia Utama Keterampilan Presentasi Memukau
Rahasia Utama Keterampilan Presentasi Memukau

Setelah anda memiliki kecakapan Self Talk yang baik, maka potensi anda menjadi pembicara yang percaya diri hanya sekedar menunggu waktu. Anda akan memiliki kesempatan yang besar untuk menjadi pembicara yang handal setelah mengaplikasikan kemampuan berbicara positif, konstruktif, dan kreatif tentang diri anda sendiri.

Rahasia Utama Keterampilan Presentasi

Kita adalah bagaimana kita mengatakan apa yang kita katakan. Orang lain mengerti apakah perkataan yang anda sampaikan diucapkan setengah hati, hati-hati, atau sepenuh hati. Wajah anda, tubuh anda, gestur anda, dan tatapan mata anda berbicara secara jujur. Sehingga, melalui suara anda, audiens dan orang lain dapat memahami tingkat ketulusan, kesungguhan, dan keseriusan anda saat menyampaikan pesan.

Rahasia utama Keterampilan Presentasi Terampil
Rahasia utama Keterampilan Presentasi Terampil

Meski demikian, harus diakui bahwa banyak orang yang piawai mengolah kata dengan performa yang mempesona sehingga mampu mengelabui orang lain. Perhatikanlah fakta kehidupan yang menunjukkan  betapa banyaknya penipuan yang memakan korban harta, cinta, dan raga. Para penipu ulung ini memiliki keterampilan presentasi yang disalahgunakan.

Bagaimana kita mengatakan apa yang kita katakan memiliki dampak pengaruh yang luar biasa. Orang lain akan menerima pesan ini sesuai dengan cara kita menyampaikannya. Sehingga, cara menyampaikan presentasi yang tulus, jujur, terbuka dan etis selalu terkait erat dengan moralitas dan spiritualitas sang pembicara sendiri.

Jadi, adakah anda sudah memiliki karakter jujur, pada saat menyampaikan apa yang anda katakan? Rahasia utama keterampilan presentasi terletak dari bagaimana kita mengatakan apa yang kita katakan.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*