Pembicara Dengan Bahasa Bicara Yang Baik

pembicara dengan bahasa bicara yang baik ala Paul Smith
pembicara dengan bahasa bicara yang baik ala Paul Smith

Jurubicara.com-Kursus Public Speaking Di Yogyakarta. Pembicara dengan bahasa bicara yang baik adalah cara menyampaikan presentasi efektif dengan tata bahasa yang komunikatif. Dalam prosesnya, sang pembicara menyampaikan materi presentasi dengan bahasa bicara yang mudah dipahami, enak didengar, dan komunikatif.

Pembicara dengan bahasa bicara yang baik adalah salah satu kekuatan yang harus dikembangkan secara terus-menerus. Keahlian berbicara di depan umum ini merupakan perpaduan antara pengetahuan, pengalaman, dan sinergi dengan audiens pendengar.

Paul Smith, penulis buku “Lead With A Story”, merekomendasikan bagaimana idealnya seorang pembicara dengan bahasa bicara yang baik. Menurutnya, pembicara dengan bahasa bicara yang baik berbicara dengan kalimat yang lebih pendek, kalimat yang lebih kecil, kalimat aktif, dan kata kerja.

pembicara dengan bahasa bicara yang baik ala Paul Smith penulis buku Sell With A Story
pembicara dengan bahasa bicara yang baik ala Paul Smith penulis buku Sell With A Story

Pembicara dengan bahasa bicara yang baik-gunakan kalimat pendek

Pembicara yang baik berbicara dengan kalimat pendek. Oleh karena itu, sebaiknya batasi jumlah kata yang anda gunakan dalam satu kalimat. Pesan yang disampaikan dengan jumlah kata yang berlebihan, akan lebih sulit untuk dipahami oleh audiens pendengar. Sebaliknya, pesan yang disajikan dengan jumlah kata yang sedikit akan lebih mudah dimengerti.

Jika demikian, berapakah jumlah kata yang efektif dalam satu kalimat? Menurut Paul Smith, pembicara yang baik harus menyampaikan satu kalimat maksimal dalam 15 kata. Lebih sedikit dari itu akan lebih baik!

Pembicara dengan bahasa bicara yang baik Paul Smith Lead With A Story
Pembicara dengan bahasa bicara yang baik Paul Smith Lead With A Story

Pembicara dengan bahasa bicara yang baik-Gunakan Kata Yang Lebih Kecil

Kata yang lebih kecil adalah kata yang sederhana, membumi, dan  dan mudah dipahami tanpa berpikir keras. Pembicara yang baik harus mampu mengolah kata-kata teknis menjadi kata-kata yang familier, akrab, dan sesuai dengan tata bahasa keseharian.

Hindari istilah yang sulit, kata-kata yang sulit dilafalkan, dan kata-kata yang asing di telinga audiens pendengar. Jangan biarkan audiens pendengar anda harus membuka kamus terlebih dahulu sebelum memahami istilah yang anda sampaikan!

pembicara dengan bahasa bicara yang baik ala Paul Smith
pembicara dengan bahasa bicara yang baik ala Paul Smith

Pembicara dengan bahasa bicara yang baik-Gunakan Kalimat Aktif

Kalimat pasif adalah kalimat yang membuat pesan anda terdengar berlebihan dan tidak alami. Kalimat pasif menyiratkan adanya jarak antara pembicara dengan audiens pendengar.

Sebaliknya, kalimat aktif adalah pesan yang terdengar alami, akrab, dan dekat. Kalimat aktif jauh lebih hidup, langsung, dan tanpa jarak sehingga menjadi lebih efektif.

Contoh perbedaan antara kalimat aktif dan pasif berikut ini dapat mengungkapkan perbedaan yang sangat signifikan. Pertama, “Tim  Indonesia meraih Piala Sudirman setelah mengalahkan tim China”. Kedua, “Tim China kalah dari tim bulutangkis Indonesia”. Menurut anda, kalimat yang manakah yang lebih atraktif, kuat, dan menggairahkan?

pembicara dengan bahasa bicara yang baik Presentasi efektif ala Paul Smith
pembicara dengan bahasa bicara yang baik Presentasi efektif ala Paul Smith

Pembicara dengan bahasa bicara yang baik-Gunakan Kata kerja secepatnya

Sekali lagi, baca ulang kalimat aktif diatas,” Tim Indonesia meraih Piala Sudirman setelah mengalahkan tim China.” Pada kalimat ini, kata kerja muncul sebagai predikat pada setelah dua kata pertama. Penggunaan kata kerja ini membuat audiens langsung memahami pesan yang jelas: Indonesia menang!

Pada kalimat kedua,” Tim China kalah dari tim bulutangkis Indonesia”, pesan yang disampaikan masih belum jelas, utuh, dan bias. Pada kalimat ini, makna yang muncul adalah tim China kalah, tetapi makna tim Indonesia juara tidak muncul, bukan?

Pembicara yang baik menyampaikan pesan dengan menggunakan kata kerja. Penggunaan kata kerja yang lebih cepat akan membuat audiens pendengar menjadi lebih mudah menerima pesan. Dengan cara ini, maka materi presentasi yang disampaikan juga akan lebih optimal!

pembicara dengan bahasa bicara yang baik menurut Paul Smith
pembicara dengan bahasa bicara yang baik menurut Paul Smith

Tips Public Speaking- Pembicara dengan bahasa bicara yang baik

Menurut Paul Smith, Penulis buku “Sell With A Story“, pembicara dengan bahasa bicara yang baik mampu menyampaikan presentasi dengan kalimat yang lebih pendek. Jadi, pastikan bahwa kalimat anda tidaklah terlalu panjang sehingga melelahkan audiens pendengar.

Penggunaan kata-kata sederhana, yang mudah dipahami, dan sesuai dengan bahasa sehari-hari akan sangat efektif. Hindari penggunaan istilah teknis, istilah yang sulit dilafalkan, dan istilah yang tidak awam bagi audiens pendengar.

Kemudian, gunakan kalimat aktif sehingga pesan terasa dekat, langsung dan alami. Jangan lupa gunakan kata kerja, sehingga pesan anda langsung dipahami oleh audiens secara jelas. Bagaimana, sudahkah anda menjadi pembicara dengan bahasa bicara yang baik? (Bertinus Sijabat-jurubicara.com)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*