Ciri-Ciri Pembicara Yang Baik

ciri-ciri pembicara yang baik berbicara di depan umum

Jurubicara.com-Pelatihan Public Speaking Di Yogyakarta. Ciri-ciri pembicara yang baik adalah atribut dasar yang harus dimiliki oleh seorang pembicara handal. Perbedaan antara pembicara yang baik dan efektif akan tampak kontras dengan pembicara yang biasa. Perbedaan kontras ini bagaikan langit dan bumi yang terpisah satu sama lain.

Siapa sih yang tidak ingin menjadi pembicara yang baik? Siapa juga yang mau menjadi pembicara yang biasa-biasa saja? Tentu, tidak ada satu orangpun, tanpa terkecuali, semua pembicara handal memiliki hasrat untuk menjadi pembicara yang baik.

Ciri-ciri pembicara yang baik menurut Art Linketter
Ciri-ciri pembicara yang baik menurut Art Linketter

Ciri-ciri Pembicara Yang Baik Art Linketter

Adine Travis Lough di dalam buku OG Mandino “A Treasury Of Succes Unlimited”, menyingkapkan rahasia sukses pembicara handal Art Linketter. Menurutnya, rahasia sukses Art Linketter tercermin dari kesuksesan karir sebagai pembawa acara selama puluhan tahun.

Acara talk show TV “House of  Party” berhasil mengudara selama 20 tahun. Acara talk show TV “People Are  Funny” sukses menarik perhatian pemirsa selama 21 tahun. Sungguh, bukan sebuah pencapaian yang biasa-biasa saja bukan?

Ciri-ciri pembicara yang baik cara berbicara di depan umum dengan lancar
Ciri-ciri pembicara yang baik cara berbicara di depan umum dengan lancar

Ciri-ciri Pembicara Yang Baik-Tampil Maksimal Di Setiap Sesi

Titik balik penampilan Art Linketter dimulai saat ia menyaksikan penampilan panggung Jack Benny. Walau hanya tampil di hadapan 14 orang penonton, Jack Benny tetap tampil maksimal selama 35 menit, seakan-akan sedang berbicara kepada 14.000 orang audiens.

Padahal, sebelumnya Art Linketter hanya tampil seadanya di hadapan audiens yang sama. Bahkan, saat itu, dia sudah memutuskan untuk turun panggung secepat dia naik panggung. Artinya, dia hanya tampil kilat, singkat dan tidak maksimal sama sekali karena kecewa jumlah penonton tidak sebanyak yang diharapkan.

ciri-ciri pembicara yang baik oleh Art Linketter
ciri-ciri pembicara yang baik oleh Art Linketter

Ciri-ciri Pembicara Yang Baik- Kemampuan empati

Disatu sisi, Art Linketter merasa malu dengan kejadian ini. Tetapi, di sisi yang lain, dia terinpirasi oleh penampilan  sepenuh hati yang dipersembahkan oleh Jack Benny.

Sejak saat itu, terjadi perubahan yang radikal di dalam dirinya. Alih-alih hanya tampil menghibur penonton dengan seadanya, justru dia menetapkan hati untuk selalu tampil maksimal. Baginya, kebahagiaan penonton adalah tujuan yang dapat dicapai dengan performa sepenuh hati.

Empati adalah kemampuan untuk melihat, memahami, dan mengalami dari sisi penonton atau audiens. Dengan empati, maka seorang penampil atau pembicara yang baik berusaha melihat dari kaca mata, sudut pandang, dan persepsi audiens.  Dengan empati, maka seorang pembicara mampu menempatkan diri pada situasi audiens.

ciri-ciri pembicara yang baik tips public speaking pembicara handal
ciri-ciri pembicara yang baik tips public speaking pembicara handal

Ciri-ciri Pembicara Yang Baik-Kemampuan Mendengarkan

Pembicara yang baik adalah pendengar yang baik. Mendengarkan berarti benar-benar memberikan perhatian, telinga, dan hati kepada pihak lain yang sedang berbicara. Mendengarkan berarti memberikan waktu, fokus, dan pikiran untuk memahami pihak lain yang sedang berbicara.

Kemampuan mendengarkan berarti benar-benar menghargai, mengapresiasi, dan mengakui keberadaan pihak lain yang sedang berbicara. Kemampuan mendengarkan berarti sungguh-sungguh hadir pada waktu yang sama, pada tempat yang sama, dan untuk orang yang sama.

ciri-ciri pembicara yang baik berbicara di depan umum
ciri-ciri pembicara yang baik berbicara di depan umum

Tips Public Speaking Ciri-ciri Pembicara Yang Baik

Jutaan audiens pendengar terinspirasi dengan totalitas penampilan Art Linketter. Pembicara yang baik ini selalu tampil maksimal di setiap sesi, selalu mengembangkan kemampuan empati, dan selalu meningkatkan kemampuan mendengar. Padahal, semua ini dikerjakannya di tengah-tengah jadwal acara yang sangat padat!

Adakah ciri-ciri pembicara yang baik ini di dalam setiap penampilan anda? Sudahkah anda tampil berbicara di depan umum dengan kemampuan terbaik, kemampuan empati, dan kemampuan mendengarkan? Bila belum maksimal, maka mari kita tingkatkan kemampuan kita secara lebih baik sehingga kita juga dapat menjadi pembicara yang baik. (Bertinus Sijabat-www.jurubicara.com)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*