3 Jenis Pembicara Publik Di Dunia

jenis pembicara publik profesional
jenis pembicara publik profesional

Jurubicara.com-Yogyakarta. Jenis pembicara publik di dunia ini dibagi bukan berdasarkan latar belakang pendidikan, latar belakang keyakinan dan latar belakang kekayaan. Jenis pembicara publik ini dibedakan berdasarkan gaya presentasi, kualitas presentasi, dan efek presentasi!

Sadar atau tidak sadar, pembicara publik hanya terdiri dari tiga jenis pembicara publik. Jenis pembicara publik ini meliputi pembicara publik talk about, pembicara publik talk to, dan pembicara publik talk with.

jenis pembicara publik talk about
jenis pembicara publik talk about

Jenis Pembicara Talk about

Pembicara publik yang tidak peduli dan tidak mau tahu dengan respon audiens pendengarnya. Jenis pembicara publik talk about adalah pembicara yang tampil berbicara di depan umum tanpa melibatkan audiens dalam presentasi.

Pembicara talk about menganggap bahwa para audiens pendengarnya tidak sepintar, sebijak dan sehebat dirinya . Pembicara publik talk about seakan-akan sudah tahu dan paham semua hal yang baik dan benar. Audiens dianggap tidak kompeten, tidak cukup mampu, dan tidak memiliki pengetahuan yang cukup sebagai sang pembicara publik itu sendiri.

Pembicara publik talk about adalah pembicara yang tidak memelihara hubungan yang baik dengan audiens pendengar. Pembicara talk about tidak melibatkan audiens pendengar selama presentasi yang dilakukannya. Pembicara talk about memiliki jarak, sekat, dan keterpisahan dengan audiens pendengarnya.

jenis pembicara publik talk to
jenis pembicara publik talk to

Jenis Pembicara Talk To

Pembicara talk to adalah jenis pembicara satu arah atau monolog. Oleh karena itu, pembicara talk to tampak kaku, otoriter, dan tidak mau tahu dengan audiens pendengar. Bagi pembicara talk to, menuntaskan materi presentasi adalah tugas yang harus diselesaikan secara cepat!

Pembicara publik talk to adalah model hubungan atasan- bawahan, orangtua-anak, dan guru-murid. Para pembicara talk to berbicara seolah-olah hanya mereka yang benar, akurat, dan cermat. Adanya rentang pengaruh, kekuatan, dan otoritas yang lebih dominan ini membuat pola interaksi menjadi tidak seimbang.

Harus diakui bahwa tidak semua orangtua, guru, dan pimpinan yang bersifat otoriter. Namun, pimpinan, guru, dan orangtua yang tidak membuka ruang komunikasi yang partisipatif adalah contoh nyata jenis pembicara talk to.

Model bicara ‘Talk To’ adalah model bicara atasan-bawahan, orangtua-anak,  guru-murid. Ada rentang kekuasaan, pengaruh dan wewenang yang kuat, sehingga terjadi jenis pembicaraan yang tidak seimbang.

Pembicara publik talk to adalah pembicara yang tidak mau dikritik, tidak mau dibantah, dan tidak mau disela oleh orang lain. Pembicara talk to adalah tipikal pembicara yang memberi komando, briefing, dan perintah! Pembicara talk to hanya mengetahui bahwa dirinya tidak mungkin salah dan tidak boleh disalahkan!

Contoh pembicara talk to adalah pimpinan yang berbicara sesuka hati kepada bawahannya. Orangtua yang memarahi anak-anaknya tanpa kesediaan untuk memahami alasan. Guru yang menghukum murid secara sewenang-wenang!

jenis pembicara publik talk withjenis pembicara publik talk with

Jenis Pembicara Talk With

Pembicara publik yang paling efektif adalah jenis pembicara talk with. Pembicara talk with menerima dan memperlakukan audiens pendengar sebagai mitra yang membangun. Oleh karena itu, pembicara  talk with senantiasa membuka ruan komunikasi yang terbuka daan tanpa jarak.

Pembicara talk with adalah pembicara publik yang melibatkan audiens dalam interaksi yang kuat. Pembicara talk with adalah pembicara publik yang membangun hubungan yang saling menguatkan dan meneguhkan dengan audiens.

Pembicara talk with adalah pembicara publik profesional yang bersedia menerima tanggapan, meminta respon, dan menerima umpan balik dari audiens pendengar. Pembicara talk with adalah pembicara profesional yang membangun komunikasi dua arah, dialog interaktif, dan  pola hubungan take and give.

Pembicara talk with adalaj jenis pembicara yang mampu menciptakan hubungan yang dinamis, harmonis, dan sinergis dengan audiens pendengar. Pembicara talk with mampu memupuk kebersamaan, empati, dan hubungan yang saling memuliakan dengan audiens pendengar.

jenis pembicara publik profesional
jenis pembicara publik profesional

Tips Public Speaking- Jenis Pembicara Publik

Dengan memahami jenis pembicara publik ini, apakah anda sudah tahu masuk kategori yang manakah anda? Pembicara publik yang baik adalah jenis pembicara talk with. Ketika sedang berbicara di depan umum, pembicara publik talk with ini menjalin interaksi yang hidup dengan audiens-nya dengan baik!

Tips public speaking yang efektif adalah pembicara publik yang mau belajar dan mau mengajar dengan konsisten. Dengan kemampuan mengenal tips public speaking ini, maka kondisi anda akan mengaami perubahan secara cepat dam tepat! (Bertinus Sijabat-www.jurubicara.com)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*